Srikandi Ganjar Beri Pelatihan Perempuan Kalteng agar Lebih Sehat dan Mandiri

| 16 Oct 2022 07:45
Srikandi Ganjar Beri Pelatihan Perempuan Kalteng agar Lebih Sehat dan Mandiri
Relawan Srikandi Ganjar Kalteng (Dok Srikandi Ganjar Kalteng)

ERA.id - Relawan Srikandi Ganjar Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar kegiatan seminar kesehatan dan kecantikan, serta beauty class di Gedung Wanita Sampit, Kotawaringin Timur, Kalteng.

Kegiatan ini dalam rangka mengajak kaum perempuan untuk menjadi pribadi yang sehat, pintar merawat diri hingga bisa membuka peluang usaha di bidang tata rias.

"Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan, bakat dan kreativitas perempuan-perempuan milenial yang sangat luar biasa. Perempuan juga dapat meningkatkan ekonominya dengan ilmu yang didapatkan dari kegiatan ini," kata Koordinator Srikandi Ganjar Kalteng Refa Asmianur dalam keterangan tertulis.

Refa juga mendorong perempuan milenial agar mampu menyelesaikan masalah, termasuk soal penampilan hingga kesehatan. Menurutnya perempuan milenial harus ikut berperan dan berkontribusi untuk bangsa dan negara. Khususnya untuk masyarakat di daerahnya masing-masing.

Dia mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kemandirian perempuan. Hal itu selaras yang tengah didorong oleh Ganjar Pranowo. Salah satunya lewat program Sekolah Cerdas Perempuan Masa Kini atau Serat Kartini.

"Pak Ganjar secara pribadi dan kebijakannya sangat pro perempuan dan kaum milenial, agar perempuan bisa menuangkan ekspresinya sesuai apa yang dia inginkan," ucapnya.

Refa menyatakan Ganjar juga mendorong adanya kesetaraan gender, bahkan meraih penghargaan empat kali berturut-turut. Diketahui Jawa Tengah dinobatkan sebagai provinsi dengan kesetaraan gender terbaik di Indonesia, sehingga berhak atas penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Selain itu, Jateng juga mendapatkan penghargaan kategori Mentor, penghargaan tertinggi dalam kategori Anugerah Parahita Ekapraya. Sementara 12 kabupaten/kota di Jateng mendapat penghargaan kategori utama, 13 kabupaten/kota mendapat kategori madya dan 8 kabupaten/kota meraih penghargaan kategori pratama.

"Pak Ganjar mendapatkan banyak prestasi di Jateng, menjadikan Jateng provinsi yang inovatif dan Pak Ganjar banyak kegiatan yang pro perempuan untuk meningkatkan skill dan soft skill," tegasnya.

Reva mengungkapkan pihaknya akan terus menggalang dukungan bagi Ganjar untuk menjadi Presiden 2024. Ke depan, Srikandi Ganjar akan menggelar banyak kegiatan bermanfaat sebagai ajang konsolidasi dukungan perempuan milenial.

"Kami hadir yang terutama untuk mensosialisasikan Pak Ganjar sebagai tokoh nasional yang berpengalaman dan pemimpin ideal untuk Indonesia kedepan," pungkasnya.

Sebagai informasi, acara tersebut dihadiri oleh 500 orang. Para peserta mendapatkan makanan, sertifikat, kaos dan goodie bag berisi paket make up lengkap. Mereka juga mendapatkan produk kecantikan bernama Latulipe dengan tutor Hafifah. Hafifah memandu cara tata rias wajah kepada para peserta yang hadir.

Sementara itu seminar kesehatan dan kecantikan dipandu oleh Dr. Ayu Tika Rudyfianto. Ia menjelaskan tentang jenis-jenis kulit dan cara perawatannya. Ia juga mengajarkan pemakaian cara sabun muka yang harus dengan air bersih yang mengalir, dan mengeringkannya dengan handuk wajah yang bersih.

Rekomendasi