6 Anak di Sumut Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut Misterius, Rata-Rata Berusia 1 Tahun 4 Bulan

| 18 Oct 2022 19:42
6 Anak di Sumut Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut Misterius, Rata-Rata Berusia 1 Tahun 4 Bulan
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Sebanyak enam orang anak di Sumatera Utara (Sumut) meninggal dunia akibat mengalami ginjal akut misterius. Hal ini berdasarkan laporan pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan.

"Dari 7 kasus itu, 1 kasus berhasil ditangani dan pasien sudah sehat. Namun beberapa (6) kasus tidak bisa diselamatkan (meninggal)," kata Dokter Spesialis Anak Konsultan Nefrologi, RSUP H Adam Malik, dr Rosmayanti Syafriani Siregar, Selasa (18/10/2022).

Rosmayanti menyebut enam orang anak yang meninggal dunia akibat ginjal akut misterius itu sebelumnya menjalani perawatan di RSUP Adam Malik.

Rata-rata usia anak itu, kata dia, berusia 17 bulan dan berasal dari kabupaten/kota di Sumut.

"7 kasus itu ditangani mulai dari bulan Juli hingga Oktober. Kasus terakhir ditangani terhadap anak usia dua tahun asal Medan. Kita sudah lakukan tindakan sesuai dengan prosedur Kemenkes terkait pasien dengan gejala ginjal akut," ujarnya.

Disinggung soal penyebab, Rosmayanti mengaku bahwa pihaknya belum mengetahui pasti penyebab anak-anak itu menderita ginjal akut misterius.

Umumnya, tambah dia, anak-anak itu datang ke rumah sakit dalam kondisi yang sudah cukup parah.

"Sampai saat ini kita pun belum bisa atau belum dapat menentukan penyebab utama penyakit tersebut. Akan tetapi, yang jelas pasien dengan yang mengalami penyakit itu datang dengan kondisi perburukan yang cepat sekali," pungkasnya.

Rekomendasi