Momen Polisi Evakuasi Lansia Terjebak Banjir di Langsa Aceh

| 21 Oct 2022 21:40
Momen Polisi Evakuasi Lansia Terjebak Banjir di Langsa Aceh
Proses evakuasi lansia terjebak banjir di Kelurahan Pondok Pabrik, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh, Jumat (21/10/2022). (Humas Polres Langsa).

ERA.id - Banjir masih menggenangi sejumlah wilayah di Kota Langsa, Provinsi Aceh, Jumat (21/10/2022). Banjir itu terjadi akibat hujan deras hingga menyebabkan aliran sungai menjadi meluap, sejak Kamis malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ERA, banjir itu menggenangi delapan wilayah kelurahan. Salah satunya banjir terparah terjadi di Kelurahan Pondok Pabrik, Kecamatan Langsa Lama. Tinggi air dilaporkan mencapai 1 meter.

Di lokasi itu, petugas kepolisian dari Polres Langsa yang melakukan penyisiran mengevakuasi seorang lanjut usia (lansia) yang terjebak banjir. Lansia itu berhasil diselamatkan setelah petugas mengevakuasinya dengan alat bantu ban.

Proses evakuasi itu dipimpin langsung Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro. Dia mengatakan lansia itu berhasil dievakuasi dengan selamat.

"Saat penyisiran, ditemukan lansia di dalam rumah terjebak banjir dan langsung dievakuasi ke tempat yang aman," terangnya.

Agung mengatakan dirinya bersama petugas lainnya menemukan lansia itu tengah berada di atas tempat tidur. Dia menyebut kondisinya juga cukup memprihatinkan.

"Kondisinya dalam kondisi kedinginan. Kemudian, langsung dievakuasi menggunakan perahu kano ke lokasi aman," ujarnya.

Selain merendam rumah warga, Agung menyebut banjir juga meluap ke jalan raya. Dia mengatakan saat ini pihaknya masih terus memantau dan mengevakuasi sejumlah warga termasuk harta benda di lokasi.

"Saat ini air masih menggenang di rumah-rumah warga. Kami bersama tim terus bergerak untuk menyelamatkan warga terdampak, termasuk harta benda," pungkasnya.

Sementara itu, Polda Aceh turut mengerahkan Personel Brimob Kompi 2 Batalyon B Pelopor Polda Aceh ke Kelurahan Pondok Pabrik.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan, patroli siaga SAR tersebut merupakan upaya Polri untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir di Kota Langsa. Dia mengatakan dalam patroli itu juga dilakukan evakuasi baik masyarakat maupun harta benda ke tempat yang lebih aman dari banjir.

"Patroli ini untuk mengetahui langsung kondisi lokasi banjir dan langsung mengevakuasi bila ada masyarakat atau harta benda yang terdampak banjir," terangnya.

Sementara itu, hingga kini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh belum memberi keterangan terkait jumlah warga yang terdampak akibat banjir tersebut. Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Aceh Ilyas Yunus yang dihubungi ERA.id belum memberikan respons terkait banjir yang terjadi di Kota Langsa.

Rekomendasi