Dinkes Kota Tangerang Tarik 19 Ribu Obat Sirop Pemicu Gagal Ginjal dari 37 Puskesmas

| 10 Nov 2022 10:57
Dinkes Kota Tangerang Tarik 19 Ribu Obat Sirop Pemicu Gagal Ginjal dari 37 Puskesmas
Dinkes Kota Tangerang menarik ribuan botol parasetamol dan obat sirop dari seluruh Puskesmas di wilayah tersebut (Muhammad Iqbal/ERA.id)

ERA.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menarik peredaran sebanyak 19.269 obat sirop yang mengandung etilen glycol (EG) dan dietilen glycol (DEG) di atas ambang batas dari dua obat yang diproduksi dari PT Afi Farma dari seluruh Puskesmas di wilayah itu.

"Dari data kami, Paracetamol ada sebanyak 1.462 dan antasida sirop sebanyak 17.807. Dari semuanya yang ditarik itu dari PT Afi Farma," ucap Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Tangerang, Suhendra, Kamis (10/11/2022). 

Suhendra menjelaskan, puluhan ribu obat yang mengandung EG dan DEG itu disita dari seluruh puskesmas dan di instalasi farmasi di Kota Tangerang.

"Obat-obat ini dikumpulkan dari 37 puskesmas yang ada di Kota Tangerang. Kalau untuk sekarang ini yang ada di puskesmas hanya ini saja, tidak ada diluar obat-obatan dari perusahaan lain, terkait obat-obat yang tidak aman ya," jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, pihaknya menarik seluruh obat dari PT Afi Farma karena termasuk dalam keterangan dari BPOM yang berbahaya. 

"Alasannya karena ini adalah sesuai dengan rilis dari BPOM, termasuk obat-obatan yang tidak aman," jelasnya.

Caption 

Rekomendasi