Viral Trotoar Jalan Tutup Pintu Masuk ke Sekolah, Pemkot Depok: Tak Melanggar Aturan

| 11 Nov 2022 09:25
Viral Trotoar Jalan Tutup Pintu Masuk ke Sekolah, Pemkot Depok: Tak Melanggar Aturan
ILUSTRASI. Pembangunan trotoar. (Antara)

ERA.id - Viral video pembangunan trotoar jalan menutupi pintu masuk ke SDN Pondok Cina 01 di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat. Itu bikin geger warga.

Alhasil, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok merespons. Dia menjamin siswa SDN Pondok Cina 01 tetap bisa belajar.

"Hak-hak belajar peserta didik tetap terjamin selama dan setelah proses pembangunan," kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, Kamis (10/11/2022).

Imam mengatakan bahwa pembangunan trotoar Jalan Margonda Raya tidak melanggar ketentuan, karena pemerintah kota sudah secara resmi menonaktifkan bangunan sekolah tersebut.

Namun, dia mengaku memahami keresahan warga berkenaan dengan trotoar yang menyulitkan siswa masuk ke sekolah, selama pekerjaan pembangunan trotoar berlangsung.

Imam menjelaskan bahwa Dinas Pendidikan Kota Depok telah menyampaikan surat ke SDN Pondok Cina 1 pada 7 November 2022 berkenaan dengan penonaktifan bangunan sekolah tersebut.

"Sudah disosialisasikan oleh Dinas Pendidikan melalui kepala sekolah kepada seluruh orang tua dan wali murid," katanya.

Pemerintah Kota Depok menyatakan bahwa SDN Pondok Cina 1 bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar via daring dari 7 sampai 11 November 2022.

Mulai 14 November 2022, Imam mengatakan, kegiatan belajar mengajar tatap muka bagi siswa sekolah itu dilaksanakan di SDN Pondok Cina 3 dan SDN Pondok Cina 5.

Ditambahkan bahwa pemerintah kota berencana menggunakan lahan tempat SDN Pondok Cina 01 berada untuk membangun Masjid Raya Margonda.

"Rencana pengalihan fungsi lahan SDN Pondok Cina 01 telah dicanangkan sejak tahun 2016. Hal ini mempertimbangkan keamanan peserta didik, karena lokasi bangunan sekolah berada di depan ruas jalan besar," katanya.

"Sekolah (SDN Pondok Cina 01) pinggir Margonda direlokasi ke dalam, lokasi lebih oke dan nyaman, aman," ia menambahkan.

Selain itu, ia melanjutkan, pemerintah kota menerima aspirasi dari warga untuk membangun masjid raya di kawasan Jalan Margonda.

"Banyak aspirasi masyarakat berharap ada masjid raya di kawasan Jalan Margonda. Kami sebagai pemerintah kota Depok merespons dengan rencana ini," tuturnya.

Pemerintah Kota Depok, menurut Imam, akan menggelar dialog dengan orang tua siswa SDN Pondok Cina 01 untuk mencari solusi terbaik.

Rekomendasi