Pura Mangkunegaran Jadi Lokasi Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina

| 21 Nov 2022 08:02
Pura Mangkunegaran Jadi Lokasi Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau kesiapan lokasi Pura Mangkunegran untuk acara resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Solo (Amalia Putri/Era)

ERA.id - Pura Mangkunegaran Solo menjadi lokasi acara ngunduh mantu pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan kekasihnya Erina Gudono. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat meninjau lokasi, Minggu (20/11/2022).

Sebelum acara di Pura Mangkunegaran digelar, Kaesang dan Erina dikabarkan akan melangsungkan akad nikah di Yogyakarta pada 10 Desember 2022. Sementara untuk acara ngunduh mantu dan resepsi pernikahan selama ini masih dirahasiakan.

"Memang ada dua persiapan pernikahan yang harus dipastikan. Pertama untuk kegiatan bagi masyarakat, di mana ada festival kecil-kecilan untuk masyarakat dan pernikahannya sendiri," kata Erick.

Dalam tinjauan ini Erick bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Raja Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara X.

Pengecekan dilakukan untuk beberapa hal. Terutama untuk lokasi panggung, rute jalan masuk tamu dan masyarakat yang mengikuti festival.

“Mengecek panggungnya di mana, perputaran tamu di mana, masyarakat yang ikut (festival) di mana. Jangan sampai ada acara besar malah menyulitkan masyarakat," ujarnya.

Namun saat ditanya mengenai detail acara pernikahannya, Erick tak banyak menjawab. Sejauh ini hanya hal-hal tersebut yang bisa ia sampaikan.

“Saya belum bisa komunikasikan. Tapi kan ada juga festival kecil-kecilan. Ada sembilan panggung buat masyarakat, jadi kemeriahan itu juga dirasakan masyarakat Solo,” katanya.

Sementara itu KGPAA Mangkunegara X mengatakan pihaknya siap mendukung pernikahan Kaesang-Erina. Sebab kegiatan ini merupakan salah satu acara kenegaraan.

“Kami support, karena ini juga salah satu kegiatan kenegaraan. Jadi apa yang bisa di-support tentu kami support sebaik-baiknya. Tentu dengan menjaga pakem-pakem yang ada di dalam Pura Mangkunegaran,” ungkapnya.

Senada dengan Erick, ia juga enggan mengungkapkan detail acara pernikahan. "Biar nanti disampaikan Pak Erick atau teman-teman yang lain," ucapnya.

Rekomendasi