Begini Gaya Kaesang saat Menghabiskan Air Zamzam Pemberian Ibu Erina Gundono

| 09 Dec 2022 22:30
Begini Gaya Kaesang saat Menghabiskan Air Zamzam Pemberian Ibu Erina Gundono
Kaesang Pangarep (Tangkapan layar)

ERA.id - Malam ini Kaesang Pangarep menjalani tradisi Nyantrik di kediaman Erina Gudono. Tradisi ini dijalani Kaesang sebelum esok hari Sabtu (9/12/2022), dirinya mempersunting Erina.

Selama nyantrik ada dua aturan yang harus dipenuhi Kaesang. Pertama Kaesang tidak diperkenankan bertemu dengan Erina, syarat kedua yakni ia tidak boleh makan dan minum kecuali yang diberi oleh Sofiatun Gudono, ibunda Erina Gudono.

Sebelum ditinggal pulang oleh keluarganya, Kaesang mendapatkan segelas air. Air ini merupakan air zamzam dari Mekah.

”Mas Kaesang diberi tirto wening (air putih), air zamzam,” kata Pranata Acara Wigung Wratsangka.

Sofiatun meminumkan air ini untuk Kaesang. Putra bungsu Presiden Jokowi inipun menandaskan minuman itu. Wigung pun menjelaskan makna dari air putih yang diminumkan pada Kaesang tersebut.

”Air adalah perlambang hidup dan kehidupan. Air juga perlambang ilmu pengetahuan. Mas Kaesang menghabiskan air tersebut. Ini simbol bahwa Mbak Erina akan menjadi pendamping hidupnya hingga akhir hayat,” katanya.

Sementara Kaesang menjalani prosesi Nyantrik, Keluarga Presiden Jokowi  meninggalkannya dan kembali ke kediaman pribadi. Mereka akan bertemu lagi dengan Kaesang saat akad nikah yang dilaksanakan esok hari, Sabtu (10/12/2022).

Rekomendasi