Masjid Al Jabbar di Bandung Diharap Bisa Pikat Turis Datang ke Jawa Barat

| 21 Dec 2022 14:13
Masjid Al Jabbar di Bandung Diharap Bisa Pikat Turis Datang ke Jawa Barat
Masjid Al Jabbar (Dok. Pemprov Jabar)

ERA.id - Keberadaan Masjid Al Jabbar yang akan diresmikan pada 30 Desember 2022 mendatang, yang terletak di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, digadang-gadang menjadi destinasi wisata religi baru.

Masjid masjid yang dibangun di atas danau yang cukup luas sehingga terkesan mengapung ini diyakini bakal mendongkrak kunjungan wisatawan domestik maupun asing untuk berkunjung ke Jawa Barat.

"Ini jadi salah satu masjid yang secara arsitektur sangat ikonik, akses, dan fasilitas yang sudah dibangun pemerintah juga ada, seperti akses tol KM 149, kereta cepat Jakarta Bandung, hingga Stadion Gelora Bandung Lautan Api," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Benny Bachtiar, Rabu (21/12/2022).

"Sehingga Jawa Barat memiliki destinasi wisata religi dan bersejarah. yang bisa dikunjungi wisatawan untuk mengisi waktu," sambung.

Masjid Al Jabbar mempunyai gaya kontemporer yang dibangun di atas lahan seluas 25 hektare dan memiliki fasilitas yang bisa dijadikan sebagai pusat edukasi Islam, wisata religi, dan ruang interaksi publik. "Mengunjungi wisata religi tak hanya menambah wawasan, tetapi sekaligus mendekatkan diri dengan Sang Ilahi melalui syiar Islam," tuturnya.

Adapun penambahan fungsi masjid sebagai tempat wisata religi, pusat edukasi, dan rekreasi, akan berdampak kepada multiplier effect yang akan dirasakan oleh masyarakat. "Kehidupan sekitar masjid akan menjadi lebih makmur. Masyarakat dapat menjual produk ekonomi kreatif. Masjid ini juga bisa mendongkrak ekonomi masyarakat di Kawasan Bandung Timur," jelasnya.

Akhirnya, target 36 juta wisatawan domestik dan 33 ribu dari wisatawan asing diharap dapat tercapai.

Mengingat realisasi kunjungan wisatawan sampai dengan triwulan tiga, telah mencapai 22 juta untuk wisatawan nusantara dan 1.156 untuk wisatawan mancanegara. "Tentu kami berharap target ini bisa tercapai sehingga semuanya akan lebih baik lagi," tutupnya.

Rekomendasi