Desain Stadion Teladan Resmi Dirilis Pemkot Medan, Begini Gambarnya

| 26 Dec 2022 21:16
Desain Stadion Teladan Resmi Dirilis Pemkot Medan, Begini Gambarnya
Desain revitalisasi Stadion Teladan. (Pemkot Medan).

ERA.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan baru saja usai menggelar pertemuan dengan PT Persada Pandu terkait revitalisasi Stadion Teladan. Hasilnya, kini pihak Pemkot Medan telah menerima desain Stadion Teladan dan merilisnya kepada awak media.

Sebanyak tiga foto yang menampilkan desain revitalisasi Stadion Teladan, seperti dilihat ERA.id, Senin (26/12/2022). Masing-masing gambar menampilkan markas klub sepak bola PSMS Medan ini dengan secara keseluruhan, dari dalam dan bagian utama pintu masuk stadion.

Secara keseluruhan atau eagle eye, tampak seluruh bagian tribun akan ditutupi oleh tatap. Sedangkan seperti yang diketahui bahwa atap hanya terdapat pada bagian Tribun Barat dan Tribun Timur.

Sementara jika dilihat dari dalam, Stadion Teladan tampak didesain seperti umumnya stadion-stadion klub sepak bola Liga Utama Inggris atau English Primer League (EPL). Hal itu merujuk dekatnya antara jarak penonton dengan lapangan. Sedangkan seperti diketahui, saat ini di antara jarak lapangan dengan penonton tampak layaknya lintasan lari atau sarana prasarana olahraga atletik.

Terkahir, pada foto ketiga diperlihatkan tampilan bagian utama pintu masuk Stadion Teladan. Selain memperlihatkan papan nama Stadion Teladan, juga terdapat sebuah tugu sesosok pria dengan sebuah bola. Namun, belum diketahui persis siapa sosok ini.

Desain revitalisasi Stadion Teladan. (Pemkot Medan).

Sementara dalam pemaparannya, PT Pandu Persada menguraikan bahwa perlu renovasi berat untuk meningkatkan kualitas fungsi bangunan yang sesuai standar AFC. Salah satunya, meningkatkan kapasitas penonton dan fasilitas Stadion Teladan sesuai kebutuhan zaman dan standar internasional.

Kapasitas penonton akan ditingkatkan menjadi 21 ribu orang serta tetap memprioritaskan akses disabilitas. Hal itu mengacu dalam perencanaan pembangunan ini adalah standar FIFA, AFC, juga Permenpora Nomor 7 Tahun 2021.

Sementara, menara yang menjadi ciri khas Stadion Teladan yang terdapat pada pintu utama akan tetap dipertahankan dalam revitalisasi ini. Revitalisasi akan dilakukan pada bagian tribun setelah sudah tidak sesuai dengan standar.

Selanjutnya, desain eksterior Stadion Teladan akan memiliki enam tekuk bercorak semut beriring yang memiliki filosofi persatuan dan kerja sama. Selain itu, enam tekuk ini untuk mengingatkan komitmen enam klub yang bergabung menjadi PSMS Medan.

Sentuhan ruang terbuka publik juga diusung dalam revitalisasi ini. Warga Medan akan menikmati ruang terbuka publik ini di area depan Stadion Teladan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution berharap revitalisasi Stadion Teladan ini dapat menjadi landasan bagi pembangunan di sekitar stadion. Selain itu, dia juga mengingatkan pentingnya langkah-langkah setelah revitalisasi Stadion Teladan selesai.

"Hal lain yang perlu dipikirkan, adalah bagaimana perawatan setelah pembangunan selesai. Jangan sampai selesai dibangun, perawatannya tidak layak," ungkap Bobby.

Bobby meminta desain tersebut terdapat perencanaan detail yang mengatur soal tata letak pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk memberi dampak peningkatan ekonomi. Menantu Presiden Joko Widodo ini meminta agar desain tersebut mempertegas keberadaan pelaku UMKM di Stadion Teladan.

"Penataan letak ritel ini bukan hanya pada saat even berlangsung, namun juga di luar masa even. Dengan demikian, aktivitas di ruang publik ini tetap berjalan," terangnya.

Desain revitalisasi Stadion Teladan. (Pemkot Medan).

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Penataan Ruang Kota Endar Sutan Lubis mengungkapkan bahwa penghilangan rencana pembuatan shutter ban yang disarankan oleh Kementerian PUPR diterima dengan baik. Penghilangan shuttle ban sebagai upaya memberikan ruang yang lebih luas kepada penonton.

Endar menambahkan, pihaknya berharap revitalisasi Stadion Teladan ini agar juga dapat ditampung dalam APBN karena keterbatasan APBD Kota Medan. Dia berharap dengan percepatan perencanaan, pembangunan fisik dapat segera dilakukan dengan menggunakan dana APBD Kota Medan tahun 2023.

"Selain itu Kementerian Olahraga juga telah memberikan rekomendasi kepada Kementerian PUPR agar dilakukan revitalisasi Stadion Teladan," tambahnya.

Desain revitalisasi Stadion Teladan. (Pemkot Medan).
Rekomendasi