Dishub Sumut Ungkap Potensi Macet di Ruas Jalan Menuju Objek Wisata Berastagi

| 31 Dec 2022 17:06
Dishub Sumut Ungkap Potensi Macet di Ruas Jalan Menuju Objek Wisata Berastagi
Ilustrasi macet (Antara)

ERA.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara (Sumut) mewanti-wanti kemacetan terjadi pada ruas jalan menuju objek wisata Berastagi, Kabupaten Tanah Karo, memasuki momen libur tahun baru.

"Ada beberapa titik, namun yang paling berpotensi terjadi kemacetan di ruas Jalan Medan - Berastagi, menuju tempat wisata Berastagi," ungkap Kepala Dishub Sumut Supryanto kepada ERA, Sabtu (31/12/2022).

Supryanto mengatakan pihaknya bersama Polri dan TNI telah menjalin sinergi dalam mengantisipasi lonjakan masyarakat yang akan menjalani liburan akhir tahun. Pihaknya bersinergi mengatur mobilitas masyarakat yang akan menggunakan moda tranportasi darat, laut, udara dan kereta api.

"Sejauh ini terbukti sangat bermanfaat ketika kita menerapkan pembatasan terhadap kendaraan truk," sebutnya.

Suryanto mengungkapkan bahwa sebelumnya pihaknya juga telah melakukan pengecekan terhadap sejumlah moda transportasi untuk memastikan keselamatan pemudik natal dan tahun baru (Nataru). Selain itu, pemudik juga tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Selain mengecek fisik transportasi, kita juga menekankan tes narkoba. Ini supaya memastikan keselamatan para pemudik," tambahnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan prakiraan cuaca dan hotspot Provinsi Sumatera Utara, 31 Desember 2022. Hujan ringan akan mengguyur Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara dan sekitarnya pada pagi hari.

Sedangkan beberapa wilayah lainnya akan diguyur hujan ringan hingga sedang dari siang sampai sore hari. Seperti Nias, Langkat, Medan, Deli Serdang, Karo, Dairi, Simalungun, Humbang Hasundutan (Humbahas).

Kemudian, Toba, Asahan, Samosir, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Sibolga, Mandailing Natal (Madina). Selanjutnya, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu Selatan.

Sedangkan potensi hujan ringan pada malam hari akan terjadi di Dairi, Tapanuli Tengah, Sibolga, dan Humbahas. Kemudian, Tapanuli Utara, Toba, Samosir, Madina, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu Selatan.

Sementara, suhu udara 18.0 sampai 32.0 derajat celcius. Dengan kelembapan udara 65 sampai 98 persen. Disusul angin barat - timur atau 10 sampai 30 kilometer (km) per jam.

Rekomendasi