Puluhan Rumah di Kabupaten Tangerang Terendam Banjir Dampak Tanggul Kali Cidurian Jebol

| 01 Jan 2023 21:15
Puluhan Rumah di Kabupaten Tangerang Terendam Banjir Dampak Tanggul Kali Cidurian Jebol
Akibat tanggul Kali Cidurian jebol mengakibatkan puluhan rumah di Kampung Bojong, Desa Pasir Ampo, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang terendam banjir. (BPBD Kabupaten Tangerang)

ERA.id - Sebanyak 69 rumah di Kampung Bojong, Desa Pasir Ampo, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, terendam banjir. Peristiwa tersebut diakibatkan jebolnya tanggul Kali Cidurian yang melintasi desa itu.

"Tanggul Kali yang jebol menyebabkan Kali Cidurian meluap hingga berdampak pada 69 rumah," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Abdul Munir dalam keterangannya, Minggu (1/1/2023).

Munir menjelaskan tanggul sepanjang 1.300 meter itu dibangun pada 2012 dan sempat ambruk pada 2015. Oleh masyarakat tanggul tersebut diperbaiki sekadarnya sehingga tanggul tidak mampu menahan kiriman air.

"Luapan Kali Cidurian terjadi pukul 11.00 WIB. Jebol di 5 titik atau totalnya sampai 78 meter. Karena kiriman dari hulu itu, tanggul tidak dapat menahan beban sehingga jebol," jelas Munir.

Munir menambahkan saat ini pihaknya telah menerjunkan personel dan alat pompa air ke lokasi banjir tersebut. Saat ini, lanjutnya, banjir di wilayah tersebut semakin meninggi akibat derasnya hujan yang mengguyur.

"Akibat banjir itu, akses jalan menuju lokasi terputus akibat luapan air Kali Cidurian," ungkapnya.

Rekomendasi