Edy Didampingi Ijeck Raker Pemprov Sumut 2023: Kita Ini Team Work

| 02 Jan 2023 22:35
Edy Didampingi Ijeck Raker Pemprov Sumut 2023: Kita Ini Team Work
Edy Rahmayadi (Ilham/Era)

ERA.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat kerja (raker) pertama di tahun 2023 yang berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Medan, Senin (2/1/2023).

Raker pertama ini dipimpin langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang diikuti organisasi perangkat daerah (OPD). Tampak juga, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeckshah alias Ijeck turut mendampingi Edy dalam raker pertama Pemprov Sumut di tahun 2023 ini.

Sebelumnya, sejumlah pengamat politik menilai telah terjadi disharmonisasi antara Edy dan Ijeck. Disharmonisasi ini diyakini setelah keduanya kerap saling sindir sejak September 2022.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta para OPD untuk mengebut target rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2019-2023 Sumut. Pada RPJMD ini berbagai program prioritas di antaranya, peningkatan kualitas dan pemenuhan akses pendidikan, peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan peningkatan kesempatan kerja.

Selanjutnya, peningkatan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata, peningkatan kualitas reformasi birokrasi. Kemudian, peningkatan sosial kemasyarakatan dan olahraga, pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan.

“Ini kita mengejar RPJMD lima tahun yang kita siapkan. Semoga dia (prioritas) di atas standar karena itu semua kebutuhan pokok masyarakat,” kata Gubernur Edy.

Edy turut mengapresiasi seluruh pihak terkait hingga membuat Pemprov Sumut mendapat sejumlah prestasi selama tahun 2022. Mantan Pangkostrad ini menilai prestasi tersebut karena kerja sama yang baik antar seluruh pihak.

“Alhamdulillah, kita terus berprestasi, kita bersyukur pada Allah bahwa kita bergerak ke arah positif, semua untuk kepentingan rakyat, kita berbuat, tapi semua ini prestasi kalian (OPD), saya tak mampu bekerja sendiri, kita ini team work,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Edy juga berpesan untuk menyiapkan even nasional yang akan digelar di Sumut. Mantan Ketua Umum PSSI ini menyebut di antaranya Sumut akan menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional dan Pekan Olahraga Nasional (PON). 

“Kepada para OPD, saya minta, untuk terus bekerja dengan baik. Lakukan amanah bekerja yang baik. Dengan penuh keimanan,” tukasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumut Arief S Trinugroho memaparkan realisasi belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022. Arief mengatakan bahwa realisasi belanja masing-masing OPD Pemprov Sumut rata-rata sudah berada di atas 90 persen.

“Saya harap percepatannya ke depan lebih baik lagi, untuk itu, pengadaan semestinya harus dipercepat lagi, Januari ini sudah ada proses tender, sehingga akhir Januari nanti sudah ada yang mulai pekerjaannya,” kata Arief.

Rekomendasi