Bobol Pipa Saluran BBM Milik Pertamina, 3 Warga di Medan Ditangkap Polisi

| 03 Jan 2023 18:49
Bobol Pipa Saluran BBM Milik Pertamina, 3 Warga di Medan Ditangkap Polisi
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Sebanyak tiga orang warga ditangkap pihak kepolisian usai membobol pipa penyalur bahan bakar minyak (BBM) milik Pertamina di Lingkungan VII, Pulau Sinabang, Kampung Kurnia, Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Kasatreskrim Polres Belawan AKP Rudy Saputra mengatakan aksi pembobolan tersebut terjadi pada, Senin (2/1/2023). Pihaknya yang mendapatkan laporan tersebut kemudian mengamankan lokasi dan menangkap ketiga pelaku.

"Mendapat informasi itu kami datang bersama Brimob dan pengamanan Pertamina. Lalu, kami tangkap pelakunya," ungkap Rudy saat dihubungi wartawan, Selasa (3/1/2023).

Rudy menjelaskan ketiga pelaku mengambil BBM jenis solar dengan cara melubangi pipa saluran BBM milik Pertamina yang berada di aliran sungai. Pipa ini berada di aliran sungai yang membelah permukiman warga.

"Jalur pertamina itu berada di bawah aliran sungai. Aliran sungai itu membelah permukiman warga. Kemudian, warga di situ melakukan perusakan dengan cara melubangi pipa milik Pertamina sehingga minyaknya tumpah dan membanjiri sungai," terangnya.

Rudy mengungkapkan BBM solar yang tumpah ini diambil oleh warga dengan menggunakan alat bantu berupa spons. Dari lokasi, tambahnya, petugas menyita BBM solar seberat 1 ton atau 1.000 liter.

"Sementara ketiga pelaku telah ditahan di Mapolres Belawan. Ketiganya disangkakan pasal pencurian," sambungnya.

Sementara, Rudy menyebut pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pertamina untuk mendirikan pos sepanjang jalur pipa untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa.

"Pihak pertamina sudah menambal pipa yang bocor agar minyaknya tidak keluar lagi. Kami sudah berkoordinasi dengan Pertamina agar bisa menempatkan atau membuat pos di sepanjang jalur pipa," pungkasnya.

Rekomendasi