Semarang Banjir Lagi Usai Tanggul di Meteseh Jebol, Satu Orang Meninggal

| 06 Jan 2023 21:13
Semarang Banjir Lagi Usai Tanggul di Meteseh Jebol, Satu Orang Meninggal
Situasi banjir di perumahan Dinar Indah, Meteseh, Semarang. (Dok.Polda Jateng)

ERA.id - Kawasan di Kota Semarang kembali dilanda banjir, Jumat (6/1/2023). Kali ini air bah menerjang perumahan Dinar Indah, Meteseh, Tembalang. Banjir terjadi lantaran tanggul di kawasan tersebut jebol dan telah menelan satu korban jiwa.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol. Iqbal Alqudusy, menjelaskan, banjir terjadi tepatnya  RT.6 RW.26 Perumahan Dinar Indah, Meteseh, Tembalang. “Banjir ini diakibatkan oleh meluapnya Sungai Babon,” kata dia.

Seperti terlihat dari video yang beredar di aplikasi percakapan, air berwarna kecoklatan menerjang permukiman warga. Rumah-rumah pun terendam air bahkan ada yang nyaris mencapai atap. Sejumlah orang pun tampak menyelamatkan diri dengan naik ke atap. Terlihat pula beberapa mobil yang terjebak di tengah air.

Menurut Iqbal, banjir itu berdampak pada  44 rumah atau  36 KK atau  134 jiwa. Bencana ini bahkan telan menelan korban  jiwa. Korban meninggal dunia atas nama Agus Purbantoro, 50 tahun, warga Perum Dinar Indah.

Tim gabungan telah dikerahkan untuk menyelamtkan warga. “Untuk saat ini warga sekitar sementara dievakuasi oleh TNI, Polri, BPBD dan relawan untuk mengungsi ke masjid di perumahan Dinar Indah dan selanjutnya malam ini  dipindahkan ke Balai Diklat,” tuturnya.

Para pengungsi juga telah dipasok konsumsi dan layanan kesehatan oleh Pemerintah Kota Semarang. “Perumahan saat ini sudah dikosongkan. Tanggul yang jebol besok akan diperbaiki,” kata Iqbal.

Rekomendasi