F1 Power Boat di Danau Toba Diklaim Berpotensi Raup Rp212 M

| 11 Jan 2023 17:51
F1 Power Boat di Danau Toba Diklaim Berpotensi Raup Rp212 M
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Ilham/ERA.id).

ERA.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengklaim gelaran Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 atau F1 Power Boat di Danau Toba berpotensi meraup omzet hingga mencapai Rp212 miliar.

Saat ini Forkopimda Sumut tengah menyiapkan gelaran F1 Power Boat yang akan berlangsung 24-26 Februari 2023 mendatang. Even F1 Power Boat atau F1 H21 ini akan diikuti 10 tim balap dengan masing-masing tim membawa rata-rata 300 personel.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan perlu upaya agar F1 Power Boat ini mampu mendorong perekonomian daerah. Mantan Pangkostrad ini menyebut gelaran F1 Power Boat diharapkan memberikan dampak besar bagi perekonomian Sumut khususnya di sektor pariwisata.

“Ini event besar, internasional dan ribuan orang dari mancanegara akan hadir di Sumatera Utara, kita harus mempersiapkan itu semua, akomodasi, transportasi, termasuk kesiapan masyarakat kita sebagai tuan rumah,” kata Edy saat rapat persiapan menjelang F1H20 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Rabu (11/1/2023).

Edy menyebut sejumlah manfaat ekonomi yang bisa diraup Sumut berasal dari penyerapan tenaga kerja, belanja akomodasi seperti hotel, transportasi, UMKM dan sektor pariwisata lainnya. Edy yang juga Ketua Panitia Daerah F1 Power Boat ini meminta seluruh masyarakat Sumut untuk ikut menyukseskan even berskala internasional ini.

“Masyarakat kita harus siap juga menyambut 3.000 lebih orang asing di tambah wisatawan nasional dan lokal khususnya di Danau Toba. Kebersihan, kerapian, dan keramahan, kita jaga bersama agar orang yang datang senang dan nyaman. Tidak punya pengalaman buruk datang ke Danau Toba, kita berikan yang terbaik,” pintanya.

Pangdam I/Bukit Barisan  Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin mengatakan FI Power Boot ini akan digelar di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige. Achmad yang juga sekaligus Ketua I Panitia Daerah Bidang Keamanan F1 Power Boat ini meminta agar beberapa wilayah yang berada di sekitaran Danau Toba turut menyiapkan diri untuk menyukseskan gelaran ini.

"Daerah lain juga perlu bersiap diri, terutama di sekitar Danau Toba, karena tentu wisatawan, peserta tidak akan hanya menetap di Balige, tetapi juga ke sekitarnya, jadi kita perlu perhatikan hal tersebut,” terangnya.

Sementara, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, sekaligus Ketua II Panitia Daerah F1 Power Boat mengungkapkan pihaknya bersama TNI telah mempersiapkan keamanan dan kenyamanan event ini sebelumnya. Selain itu, pihak Kepolisian juga sudah menyiapkan modifikasi lalu lintas demi kelancaran F1 Power Boat di Danau Toba.

“Sudah jauh-jauh hari kita persiapkan seperti pembangunan arena, rencana pengamanan termasuk pos pengamanan dan transportasi untuk perlengkapan balap karena tanggal 16 Februari harus sudah masuk ke Balige perlengkapannya di dalam peti kemas dari Pelabuhan Belawan, itu sudah kita rencanakan dengan detail agar tidak ada kendala,” tukasnya.

Rekomendasi