Pemkab Tangerang Minta Kemlu Bantu Pulangkan TKI Asal Gunung Kaler yang Meninggal di Saudi

| 12 Jan 2023 18:43
Pemkab Tangerang Minta Kemlu Bantu Pulangkan TKI Asal Gunung Kaler yang Meninggal di Saudi
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang sedang bersurat ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk upaya permohonan kepulangan Marsih (42) asal Gunung Kaler seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang meninggal di Arab Saudi.

"Kita sudah konfirmasi ke pihak keluarga korban dan sudah menyampaikan hal ini melalui surat ke Kemenlu RI untuk permohonan pemulangan jenazah," ucap Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati, Kamis (12/1/2023).

Iis menuturkan saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Luar Negeri, untuk mengetahui penyebab meninggalnya PMI tersebut. "Kita belum ada kabar yang valid penyebab meninggalnya. Saat ini kita lagi nunggu informasi dari Kemenlu," jelasnya.

Iis menjelaskan korban meninggal yang berasal dari daerahnya itu ternyata tidak terdaftar secara resmi sebagai PMI atau ilegal. "Statusnya Ilegal, karena tidak terdaftar di data Sisko. Dan sudah kita koordinasikan ke BP2MI Serang dan Kemenlu," ungkapnya.

"Kita sesuai dengan kewenangan. Kami sudah lakukan upaya secepatnya bersurat ke Kemenlu, kemudian kita juga minta kesediaan sponsor yang dulu memberangkatkan untuk bertanggungjawab membiayai pemulangan jenazah. Dan sampai saat ini sponsornya belum bisa dihubungi," ujarnya.

Rekomendasi