Pemkot Pasang Ribuan CCTV di Jalanan Makassar untuk Tekan Kriminalitas

| 16 Jan 2023 21:53
Pemkot Pasang Ribuan CCTV di Jalanan Makassar untuk Tekan Kriminalitas
ILUSTRASI CCTV.

ERA.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar memasang 2.552 Closed Circuit Television (CCTV) untuk menekan aksi kriminalitas di Kota Makassar.

"Melalui kamera pengawas tersebut Diskominfo Makassar dapat memantau berbagai titik aktivitas di Kota Makassar selama 24 jam sehari," kata Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Atika) Diskominfo Makassar, Jusman, Senin (16/1/2023).

Menurut dia, ribuan CCTV itu dilengkapi alat perekam yang aktif memantau 24 jam dalam sehari. Selanjutnya aktivitas pantauan tersebut juga dapat dilihat langsung di ruangan operasi gedung Balai Kota Makassar.

Untuk mendukung operasional CCTV tersebut, Diskominfo Makassar menyiapkan ruang penyimpanan data dan menambah beberapa platform untuk memudahkan pemantauan CCTV yang disebar di 14 Kecamatan di Kota Makassar.

Kepala Dinas Kominfo Makassar Mahyudin menyembuhkan bahwa pemasangan CCTV tersebut adalah upaya Diskominfo Makassar dalam mengambil bagian mendukung pemerintah kota Makassar dan juga pihak keamanan dalam menekan kriminalitas yang kerap terjadi.

"Semoga dengan adanya pantauan CCTV ini tindakan kriminal dapat dicegah dan RT/ RW bahkan kepolisian dengan memudahkan pengintaian jika ada indikasi melalui kamera pengawas yang dipasang," katanya.

Mahyuddin berharap dengan adanya kamera pengintai ini, tindak kriminal seperti perang antar kelompok kasus penculikan dan aksi kekerasan dapat dipantau.

Rekomendasi