Perang Kelompok di Makassar Meresahkan, Pemkot Beri Solusi: Pengadaan CCTV

| 31 Mar 2022 10:19
Perang Kelompok di Makassar Meresahkan, Pemkot Beri Solusi: Pengadaan CCTV
Ilustrasi seorang pria yang terlibat perang kelompok di Makassar (Antara)

ERA.id - Perang kelompok sering terjadi di Kota Makassar. Merespons itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) berencana menambah jumlah CCTV di beberapa titik yang dianggap rawan.

Di mana saja? Yakni di bagian utara Kota Makassar, yakni Kecamatan Tallo dan Ujung Tanah. Di daerah tersebut, keluhan banyak didapat dari warga.

"Kedua wilayah itu yang dianggap sering terjadi perang kelompok. Maka dari itu, kami akan memasang 4 unit CCTV yang telah diusulkan. Saat ini akan memasuki tender di LPSE," kata Kepala Diskominfo Makassar, Mahyudin, Kamis (31/3/2022).

Mahyudin membenarkan jika pemasangan CCTV ini memang salah satu tindak lanjut dan instruksi dari Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

"Ada beberapa yang perlu kami tambah sekaitan dengan kamtibnas dan sering terjadi perkelahian kelompok. Di Barukang sudah ada perubahan sejak pemasangan CCTV," ujarnya.

Dengan pemasangan CCTV ini, Mahyudin berharap tidak adanya perang antar kelompok lagi di Kota Makassar.

"Hadirnya CCTV ini bisa dengan cepat RT/RW atau bahkan kepolisian melerai jika ada indikasi melalui kamera pengawas yang kita pasang,” bebernya.

Terkait anggaran, pihaknya belum bisa menentukan secara detail tiap CCTV. Ia meyakinkan, pada tahun ini Diskominfo Makassar bisa merealisasikan pengadaan 4 unit CCTV.

Diketahui, saat ini di Kota Makassar telah memiliki 184 unit kamera CCTV yang telah dipasang pemerintah di berbagai titik. Sebagian besar masih berfungsi dan terpantau langsung melalui ruang kontrol atau warroom Balaikota.

Rekomendasi