Polda Papua: Penyebab Rumah Kapolda Terbakar Bukan karena Sabotase

| 17 Jan 2023 11:43
Polda Papua: Penyebab Rumah Kapolda Terbakar Bukan karena Sabotase
ILUSTRASI. Kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Senin (25/4/2022) dini hari. (Ist)

ERA.id - Rumah dinas Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri terbakar. Penyebab sementara kebakaran ini diduga karena korsleting listrik.

"Diduga korsleting listrik karena sempat sebelumnya terjadi gempa pukul 03.40 WIT info BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, Selasa (17/1/2023).

Benny menambahkan kebakaran di rumah Kapolda Papua diduga bukan karena sabotase. Dia pun menyebut Mathius tidak sedang berada di rumah ketika kejadian tersebut.

"Tidak ada unsur kelalaian atau sabotase dari pihak luar terhadap kejadian tersebut. Kapolda pada saat kejadian tidak berada di kediaman," tambahnya.

Sebelumnya, rumah dinas Kapolda Papua di Jl Trikora No. 48 Kelurahan Trikora Dok V atas Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, terbakar pada Selasa pagi tadi sekitar pukul 04.45 WIT.

Benny menjelaskan kejadian berawal ketika anggota piket yang menjaga kediaman Mathius mendengar teriakan "ada asap" dari dalam rumah. Mendengar teriakan tersebut, saksi bersama rekannya langsung berlari ke dalam rumah dan melihat sumber api di sudut kiri bagian belakang kediaman.

"Di mana (ada) asap tebal dan tidak lama kemudian terdengar suara ledakan dari dalam kediaman disertai nyala api," ungkapnya.

Benny menambahkan api berhasil dipadamkan satu jam setelah kejadian, yakni sekitar pukul 05.45 WIT.

Rekomendasi