Pendukung Ganjar Mulai Bergerak di Jogja, Kali Ini Sasar Pondok Pesantren

| 18 Jan 2023 22:44
Pendukung Ganjar Mulai Bergerak di Jogja, Kali Ini Sasar Pondok Pesantren
Komunitas Santri Dukung Ganjar beri bantuan ke pesantren (Ist)

ERA.id - Pendukung Ganjar Pranowo untuk maju di pemilihan presiden 2024 mulai bergerak. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, mereka menyasar sejumlah pondok pesantren untuk memberi bantuan sambil mengenalkan kader PDI Perjuangan itu.

Ganjar sendiri belum dipastikan sebagai capres dari PDIP. Namun sukarelawan yang mengatasnamakan 'Santri Dukung Ganjar DIY' telah menggelar sejumlah aksi, seperti pada Rabu (18/1/2023) mereka memberi bantuan kebutuhan pokok.

Bantuan itu diberikan ke Pondok Pesantren Al-Kautsar, Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, DIY. Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar DIY Ijtihadul Umam mengatakan pemberian bantuan itu bentuk kepedulian mereka pada pesantren.

Menurut dia, selama ini Ganjar peduli pada kalangan ulama dan kiai, seperti menerbitkan Perda tentang Pesantren, meningkatkan fasilitas pembelajaran santri, dan menggiatkan perekonomian pesantren, juga adanya program Jogo Kiai dan Jogo Santri saat pandemi lalu.

“Kami terinspirasi dari sosok Ayah Ganjar Pranowo yang memang begitu peduli kepada kalangan santri,” ujar dia yang menyematkan pangggilan ayah pada Ganjar.

Umam mengakui, pemberian bantuan itu juga sebagai upaya mereka menjangkau masyarakat dan menyebarkan dukungan kepada Ganjar untuk 2024. Selain memberikan bantuan kebutuhan pokok,

'Santri Dukung Ganjar' juga menyerahkan bantuan Al-Quran, alat kebersihan, hingga sejumlah pakaian.

Dengan begitu, para santri bisa lebih kenal dengan sosok Ganjar yang memiliki elektabilitas tinggi di sejumlah survei capres. “Harapan dan doa kami, Ayah Ganjar bisa maju dan terpilih di Pilpres 2024,” ujar Umam.

Ustaz Solihin selaku pengasuh pondok pesantren pun mengapresiasi bersyukur bisa menerima bantuan dari Santri Dukung Ganjar.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga bisa menjadi berkah bagi para santri. Semoga apa yang dicita-citakan Santri Dukung Ganjar bisa terwujud di 2024,” ujar dia.

Sebelum pemberian bantuan ini, kkomunitas Santri Dukung Ganjar juga aktif melalukan Safari Pesantren untuk Ganjar.

Di luar komunitas ini, dukungan untuk Ganjar sebagai capres juga muncul di Jogja seperti penyelenggaraan konser musik Ganjar Pranowo Festival, di awal tahun.

Rekomendasi