Dedi Keluhkan Kubangan Busuk di Terminal Truk Sampah Bandung

| 31 Jan 2023 11:13
Dedi Keluhkan Kubangan Busuk di Terminal Truk Sampah Bandung
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi saat berada di Terminal Truk Sampah Kelurahan Batununggal, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

ERA.id - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi merespons aduan masyarakat mengenai bau dari kubangan air di Terminal Truk Sampah Kelurahan Batununggal, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

"Saya menerima laporan dan telah menindaklanjuti," kata Dedi, di Purwakarta, Senin (30/1/2023).

Ia mengaku telah mengecek lokasi setelah mendapat pengaduan masyarakat. Saat dicek ke lokasi, katanya, terdapat banyak truk sampah yang teparkir, bahkan terdapat sebuah kubangan yang membuat air menggenang dan menimbulkan bau tak sedap.

Menurut salah seorang petugas, kubangan terjadi akibat tinggi jalan yang tidak rata sehingga setiap hujan kondisi jalan tergenang hingga membuat kubangan air bercampur lumpur hampir setinggi ban truk.

Kondisi tersebut sudah terjadi sejak lima tahun terakhir. Namun kondisi semakin parah sejak satu tahun ke belakang.

Dedi menyampaikan kalau kondisi tersebut tidak hanya menyebabkan bau menyengat, tetapi membuat truk cepat rusak karena korosi.

“Memang kalau kemarau tidak begitu masalah, tapi kalau musim hujan seperti ini menggenang dan menyebabkan bau,” kata dia.

Selain hal tersebut, Dedi menemukan sejumlah truk pengangkut sampah yang dibiarkan rusak. Bangkai-bangkai truk tersebut dibiarkan tanpa penanganan.

"Jadi lebih baik, truk yang sudah menjadi bangkai tersebut diangkat dan dibersihkan dari lokasi atau bisa dilelang, agar tidak menumpuk menjadi sampah," kata dia.

Dedi menyebutkan kalau persoalan itu sebenarnya perkara mudah. "Padahal, sebenarnya ini hal mudah untuk ditangani, tidak rumit. Alokasi penataannya ada. Semoga cepat ditangani karena ini di kota,” katanya.

Rekomendasi