Urai Antrean Pembuangan Sampah dari Bandung Raya, Jam Operasional TPA Sarimukti Diperpanjang

| 02 Feb 2023 14:37
Urai Antrean Pembuangan Sampah dari Bandung Raya, Jam Operasional TPA Sarimukti Diperpanjang
Antrean truk pengangkut sampah di TPA Sarimukti (Reza Deny/Era.id)

ERA.id - Operasional TPA Sarimukti di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), diperpanjang untuk mengurai antrean pembuangan sampah dari wilayah Bandung Raya yang masih terjadi hingga saat ini.

Semula, tempat pembuangan sampah regional tersebut dibuka pukul 05.00 hingga pukul 18.00 WIB. Namun sejak sepekan lalu, sudah dibuka mulai pukul 03.00 hingga 21.00 WIB.

"Betul sekarang jam operasionalnya ditambah lagi, mulai dari jam 3 pagi sampai 9 malam. Itu sesuai arahan dari DLH Jabar, untuk mengatasi antrean," ujar Koordinator Pengelola TPA Sarimukti, Riswanto saat dihubungi, Kamis (2/2/2023).

Dikatakannya, perpanjangan jam operasional TPA Sarimukti itu sesuai arahan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat. Mengingat hingga saat ini proses pembuangan sampah belum normal.

"Memang sekarang masih ada antrean, makanya operasionalnya diperpanjang biar bisa mengurangi dan mempercepat pembuangan sampah. Sekarang antreannya mungkin sekitar 1 kilometeran," ungkap Riswanto.

Riswanto mengatakan belum normalnya pembuangan sampah ke TPA Sarimukti disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya akses menuju landasan atau area pembuangan ambles akibat diguyur hujan.

"Iya masih ambles, tapi karena sekarang sudah kemarau. Kita tata sedikit-sedikit jalannya bisa bisa dilalui truk. Kalau kemarin waktu hujan kan sulit karena ambles itu tadi," jelas Riswanto.

Faktor lainnya yakni kerusakan alat berat. Saat ini alat berat yang beroperasi berkurang lagi karena ada satu unit ekskavator yang mengalami kerusakan dan memerlukan perbaikan.

"Sebelumnya 7 unit yang jalan, 4 ekskavator, terus 2 buldozer, sama 1 compactor landfill. Sekarang hanya 5, jadi cuma 2 buldozer dan 3 ekskavator. 1 ekskavator sama compactor landfill rusak," terang Riswanto.

Rekomendasi