Kepemimpinan Gibran-Teguh di Solo Dianggap Lebih Baik dari Pendahulunya

| 15 Feb 2023 16:46
Kepemimpinan Gibran-Teguh di Solo Dianggap Lebih Baik dari Pendahulunya
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Antara)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan Teguh Prakosa dianggap memimpin Kota Solo lebih baik dibandingkan pendahulunya, FX Hadi Rudyatmo dengan Achmad Purnomo.

Bahkan angka penilaian untuk Gibran jauh melampaui nilai yang diberikan untuk FX Rudy.

Hal ini muncul dalam survei yang dilakukan oleh Magister Administrasi Publik (MAP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri).

Dalam survei tersebut yang melihat kepempimpinan Gibran lebih baik mencapai 76,8 persen. Sementara FX Rudy dinilai lebih baik oleh 12,3 persen masyarakat.

Saat ditanya terkait alasan perbandingan ini, Suwardi mengatakan ia murni melakukannya untuk urusan akademis.

"Dosen itu pemikirannya cenderung liar. Sehingga bukan soal etis atau tidak, soalnya kalau etis itu normatif, saya melihatnya yang penting akademis," kata Kepala Program Studi MAP Unisri, Rabu (15/2/2023).

Menurutnya penilaian masyarakat jauh lebih tinggi dikarenakan adanya efek kekinian. Namun saat ditanya apakah efek kekinian ini berpengaruh secara besar untuk variabel pembanding kepemimpinan Gibran dengan Rudy, Suwardi menilai harus ada penelitian lanjutan.

"Karena kita harus kembangkan beberapa indikator. Dengan begitu kita bisa melihat efek kekinian ini berpengaruh seberapa besar," ujarnya.

Sementara itu untuk tingkat kepuasan terhadap kepemimpinan Gibran dalam survei tersebut mendapat angka 96 persen. Angka ini naik dua persen dibandingkan survei tingkat kepuasan kepemimpinan Gibran di tahun pertamanya yang mendapat 94 persen.

Rekomendasi