Polda Papua Selidiki 103 Butir Amunisi Asal Papua Nugini

| 18 Feb 2023 19:40
Polda Papua Selidiki 103 Butir Amunisi Asal Papua Nugini
103 butir peluru dari Papua Nugini diselidiki. (Antara)

ERA.id - Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri menyatakan telah memerintahkan penyidik Direktorat Kriminal Umum (Diskrim) Polda setempat untuk menyelidiki dan mengungkap jaringan yang terkait dengan penemuan 103 butir amunisi asal Papua Nugini (PNG) .

"Saya sudah perintahkan Dirkrimum berkolaborasi dengan Direktorat Narkoba untuk mengungkap jaringan atau pembeli amunisi yang dibawa FK, berkebangsaan PNG yang ditangkap di Sentani, Kabupaten Jayapura," kata Irjen Pol Fakhiri, Sabtu (18/2/2023). 

Ia mengatakan penyidik Polda Papua juga nanti menanyakan asal amunisi serta akan dijual ke kelompok mana.

Terungkapnya ratusan amunisi itu berawal saat penangkapan terhadap FK yang juga merupakan pemasok ganja, di mana saat digeledah di rumah kosnya ditemukan karung berisi 103 butir amunisi berbagai jenis kaliber.

Kapolda Papua mengatakan dengan temuan itu pihaknya bersama TNI makin memperketat jalan-jalan setapak yang selama ini digunakan masyarakat, terutama yang membawa barang ilegal. 

"Pengawasan terhadap jalan-jalan setapak yang berada di perbatasan RI-PNG akan lebih diperketat. Dari laporan yang diterimanya, barang ilegal, termasuk narkoba jenis ganja masuk lewat jalan itu memang banyak di sepanjang perbatasan RI-PNG, " kata Fakhiri.

FK ditangkap Kamis (17/2) di Sentani bersama delapan karung berisi ganja yang dibawa dari PNG. Selain itu, juga diamankan bersama 103 amunisi terdiri dari 86 butir peluru hampa, enam butir amunisi peluru tajam jenis moser dan 11 butir amunisi jenis SS-1. (Ant)

Rekomendasi