Danny Akan Siapkan Kapal Phinisi dan Rumah Adat di F8 Makassar

| 23 Feb 2023 10:10
Danny Akan Siapkan Kapal Phinisi dan Rumah Adat di F8 Makassar
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

ERA.id - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang menggelar Makassar International Eight Festival and Forum (F8) pada akhir Agustus 2023, akan menghadirkan pembangunan Kapal Phinisi dan rumah adat secara langsung.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto mengatakan F8 Makassar sudah ditetapkan sebagai salah satu dari Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 oleh Menparekraf Sandiaga Uno.

"F8 Makassar ini kegiatan tahunan yang kami gelar sejak 2016 hingga kini di periode kedua saya menjabat wali kota. Apalagi, F8 Makassar masuk Top 10 KEN 2023," ujar Danny, Rabu (22/2/2023).

Danny mengatakan penyelenggaraan internasional itu makin diminati oleh semua pihak karena memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi masyarakat.

Ia juga mengaku akan menghadirkan inovasi terbaru dengan menambahkan kegiatan pembangunan perahu Phinisi, rumah adat Bugis, Toraja dan Makassar di lokasi acara.

Bahkan, pembangunannya dari awal akan dibuat dengan menyiarkan secara langsung yang nantinya dapat disaksikan hingga puncaknya hari H pelaksanaan mulai dari 23 hingga 27 Agustus 2023.

"Jadi akan terus mengalami perubahan dan peningkatan atraksi budayanya. Ke depannya kita buat lebih baik lagi. InsyaAllah jauh lebih hebat, karena kami buat kapal pinisi langsung di situ, juga rumah adat Toraja, Bugis dan Makassar. Jadi konten lokal diperbesar dengan standar internasional," katanya.

Danny Pomanto menjelaskan dampak yang diperoleh Makassar juga masyarakatnya terhadap kehadirannya F8 Makassar begitu terasa.

"Tahun lalu transaksi F8 Makassar tembus Rm34 miliar transaksi di sana, paling tinggi mobil, juga terhadap UMKM. Jadi seperti Lebarannya UMKM. Mereka sampaikan dalam lima hari itu keuntungannya sama dengan setahun jualan," ungkap Danny Pomanto.

Maka dengan begitu, ia menilai daya tarik seperti itu menjadi ekosistem ekonomi yang sudah jalan dengan sendirinya dan akan tumbuh sendiri.

F8 Makassar dalam Top KEN 2023, pula dinilai mampu menggabungkan semua unsur subsektor ekonomi kreatif dan selalu mengedepankan konsistensi dari tahun ke tahun.

"F8 itu memberikan dampak positif terhadap pelaku ekonomi kreatif dan industri pariwisata di Makassar dan Sulsel," ucapnya.

Rekomendasi