Jembatan Sementara Akan Dibangun Usai Jalur Bogor-Sukabumi Ditutup karena Longsor

| 28 Feb 2023 18:44
Jembatan Sementara Akan Dibangun Usai Jalur Bogor-Sukabumi Ditutup karena Longsor
Longsor yang terjadi di Jembatan Cikereteg, Jalur Bogor-Sukabumi (Diman Sutini/Era)

ERA.id - Jembatan Bailey disepakati untuk dibangun sebagai alternatif sementara pasca longsor yang terjadi di Jembatan Cikereteg, Jalur Bogor-Sukabumi, Senin (27/2/23).

"Saat ini ditutup dua arah, rekayasa (lalulintas) dilakukan sampai jembatan (permanen) jadi. Tapi nanti akan dibangun jembatan bailey," ungkap Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Jabar, AKBP Eti Hariati saat meninjau lokasi, Selasa (28/2/23).

Jembatan Bailey sendiri ditargetkan selesai dalam tiga hari. Nantinya, jembatan tersebut hanya akan digunakan untuk satu arah oleh kendaraan roda dua dan empat.

Namun, Eti menyebut bahwa pihaknya akan mempertimbangkan penggunaan jembatan Bailey tersebut untuk dua arah agar lebih maksimal.

"Apakah jembatan bailey itu bisa digunakan dua arah atau tidak nantinya, itu sedang dipertimbangkan," jelas Eti.

Dia pun berharap masyarakat untuk tetap bersabar dan sadar akan keselamatan. Sebab, kondisi Jembatan Cikereteg yang diterpa longsor masih sangat rawan untuk dilalui.

"Kami sangat berharap masyarakat pengguna jalan dan yang memiliki rumah di sini, (itu) memiliki kesadaran yang sama untuk menjaga situasi aman dan nyaman dan kondusif," kaya Eti.

Diketahui, Jembatan Cikereteg di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Kabupaten Bogor, kembali dilanda longsor, Senin (27/2/23).

Kondisi itu pun memaksa polisi untuk menutup sementara jalur utama Bogor-Sukabumi sebagai antisipasi, menghindari kecelakaan.

Rekomendasi