Peserta Kecewa, Kegiatan Trail di Ranca Upas Berujung dengan Pembakaran Motor

| 08 Mar 2023 11:15
Peserta Kecewa, Kegiatan Trail di Ranca Upas Berujung dengan Pembakaran Motor
Aksi pembakar seperti motor di kegiatan trail Ranca Upas (Tangkapan layar)

ERA.id - Kegiatan sepeda motor trail yang diselenggarakan di Kampung Cai, Ranca Upas, Kabupaten Bandung pada Minggu (5/3/2023) berujung ricuh.

Para peserta pun melampiaskan kekecewaannya dengan membakar tiga unit sepeda motor bekas yang notabene hadiah dari kegiatan trail itu. Aksi pembakaran sepeda motor itu pun viral di berbagai media sosial.

Kapolsek Ciwidey, Iptu Anjar Kusumah menerangkan, kejadian itu terjadi karena adanya kesalahpahaman antara panitia dan peserta. Peserta mulanya diharuskan membayar uang senilai Rp200 ribu sebagai tiket masuk Ranca Upas, makan, minum, dan hadiah.

Akan tetapi, pada praktiknya peserta diminta kembali uang tiket masuk, makan dan minum serta hadiah ditunda dibagikan. Alhasil, para peserta melampiaskan kekecewaannya dengan membakar sepeda motor.

"Para peserta melampiaskannya dengan merusak dan membakar hadiah berupa tiga unit sepeda motor bekas," terang Anjar, Rabu (8/3/2023).

Selain itu, imbuh Anjar, berdasarkan hasil pemeriksaan saksi di lapangan, para peserta pun tidak puas karena jalur yang disediakan tidak layak untuk kegiatan trail. Bahkan, jalur yang tersedia cenderung sempit dan tidak ada jalur alternatif.

"Tidak adanya petugas evakuasi di jalur sehingga terjadi kepadatan peserta. Tidak adanya panitia di jalur yang menyediakan makan dan minum," imbuhnya.

Para panitia penyelidikan kegiatan trail ini pun telah diminta keterangan oleh pihak kepolisian. Sementara, para panitia penyelenggara pun telah menyampaikan permintaan maafnya melalui video di media sosial.

Melalui video berdurasi 42 detik yang diunggah oleh akun instagram @infojawabarat para panitia penyelenggara menyampaikan permintaan maaf dan penyesalannya.

"Saya mewakili seluruh panitia event Ranca Upas 5 Maret 2023, saya meminta maaf atas kejadian yang telah terjadi dan kelalaian panitia sehingga merugikan semua pihak termasuk para sponsor dan penyedia tempat. Saya sangat menyesali kejadian ini, dan sekali lagi mohon maaf kepada semua pihak yang telah dirugikan terutama para peserta event Ranca Upas 5 Maret 2023," begitu permintaan maaf para panitia penyelenggara seperti dilihat Era.id

Rekomendasi