Bukan Melerai, Seorang Guru di SMA 11 Makassar Malah Rekam Siswanya yang Berkelahi, Aneh

| 22 Mar 2023 11:34
Bukan Melerai, Seorang Guru di SMA 11 Makassar Malah Rekam Siswanya yang Berkelahi, Aneh
Ilustrasi pukulan (Unsplash/Dan Burton)

ERA.id - Sempat viral di media sosial, siswa SMA 11 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berkelahi di sekolah dan disaksikan banyak siswa lain.

Namun seorang yang disebut-sebut sebagai guru, tak melerai perkelahian itu. Anehnya si guru merekam sambil memegang benda seperti kayu. Video tersebar luas sejak, Selasa (21/3/2023) malam.

Dinas Pendidikan Sulawesi Selantan telah menerima informasi terkait rekaman video yang beredar. “Sudah, gurunya (yang merekam) itu sudah kita panggil,” kata Kepala Disdik Sulsel Setiawan Aswad kepada ERA saat dikonfirmasi, Rabu (22/3/2023).

Sang guru dipanggil untuk memberikan klarifikasi terkait kejadian itu. Begitu juga dengan pihak sekolah dan orang tua masing-masing siswa yang terlibat perkelahian.

“Kalau untuk yang guru itu kita sanksi sementara hanya teguran supaya tidak lagi berbuat seperti itu (merekam),” tegas Setiawan.

Setiawan menyayangkan sikap guru tersebut. Seharusnya menurut Setiawan, guru memisahkan perkelahian itu dan menegur siswa yang terlibat. Bukan menjadikan perkelahian sebagai tontonan.

“Selain teguran dia disuruh buat pernyataan supaya tidak lagi membuat serupa,” ucapnya.  

Menyoal pemicu perkelahian lanjut Setiawan, ia belum mendapatkan informasi secara detail. Saat ini pihaknya masih menuggu kejelasan informasi dari pihak sekolah.

Kendati begitu, ia memastikan bahwa pengawasan di sekolah itu diperketat untuk mencegah kejadian serupa.

Pihak yang bertikai juga sudah didamaikan sejak Selasa kemarin, tak lama setelah kejadian tersebut. Disdik melibatkan kepolisian dalam upaya mediasi itu.

“Itu sudah didamaikan antara keluarga siswa-siswa yang terlibat. Nanti kami tunggu perkembangan informasi dari pihak sekolah lagi,” imbuh Setiawan.

Rekomendasi