Beruang Serang Suami-Istri yang Sadap Karet di Hutan Tabalong Kalimantan Selatan

| 03 Apr 2023 12:30
Beruang Serang Suami-Istri yang Sadap Karet di Hutan Tabalong Kalimantan Selatan
Beruang madu. (Antara)

ERA.id - Kapolres Tabalong, Kalimantan Selatan, AKBP Anib Bastian mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan, agar memperhatikan baik lingkungan perumahan maupun perkebunan.

"Karena semakin banyaknya aktivitas manusia di dalam kawasan hutan menyebabkan gangguan keseimbangan ekosistem yang memicu serangan hewan liar (beruang) kepada manusia," kata Anib, Senin (3/4/2023).

Pasangan suami istri yang bekerja sebagai petani karet Le (60) dan Et (70) di Desa Kinarum Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong menjadi korban gigitan beruang liar.

"Korban diserang beruang liar saat menyadap karet di kebun sekitar Desa Kinarum Kecamatan Upau dan mengalami tiga luka gigitan di kaki," jelasnya.

Akibat serangan tersebut, korban yang mengalami luka gigitan di kaki sebelah kiri langsung dibawa ke Puskesmas Muara Uya untuk mendapatkan pertolongan medis.

Sementara itu,  Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Tabalong Heryadi membenarrkan adanya beruang di sekitar kawasan hutan produksi Desa Kinarum Kecamatan Upau.

"Sebelumnya kami menerima informasi adanya beruang di kawasan hutan tersebut namun kami belum tahu persis jumlah populasinya," jelas Heryadi.

Ia menilai serangan beruang liar kepada petani setempat karena merasa terganggu adanya aktivitas manusia dalam kawasan hutan yang menjadi habitat beruang.

Untuk menindaklanjuti kasus serangan beruang liar di Desa Kinarum tim pengamanan hutan KPH Tabalong akan mencari beruang di sekitar lokasi kejadian.

Rekomendasi