Saking Viralnya, Rumah Depan Curug Citambur Ditawar Miliaran Rupiah, Ditolak Abah Jajang

| 10 Apr 2023 11:56
Saking Viralnya, Rumah Depan Curug Citambur Ditawar Miliaran Rupiah, Ditolak Abah Jajang
Rumah Abah Jajang di Curug Citambur, Kabupaten Cianjur.

ERA.id - Curug Citambur di Kabupaten Cianjur yang saat ini viral karena panorama dan suasananya, menyimpan kisah menarik.

Adalah rumah Abah Jajang, yang berhadapan dengan Curug Citambur tersebut, kini ditawar hingga miliaran rupiah. Meski begitu, Abah Jajang yang dikenal sebagai penjaga tempat wisata itu, ogah menjualnya.

Hal itu disampaikan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Intinya, Disbud Cianjur merekomendasikan tempat lain selain Citambur.

Apa saja? Kata Kepala Disbudpar Cianjur Ahmad Danial, Cianjur memiliki banyak air terjun. "Ada Curug Ngebul di Kecamatan Pagelaran, Curug Cikondang di Kecamatan Campakamulya, Curug Ciastana di Kecamatan Kadupandak, dan Curug Citambur di Kecamatan Pasirkuda yang sedang viral," katanya.

Sebelum dikenal luas, wisata curug di Cianjur, sudah banyak dikenal melalui media sosial karena keindahannya dan objek wisata penunjang yang sudah tertata dikelola secara swadaya oleh warga atau kelompok penggerak pariwisata di masing-masing kecamatan.

Menjelang musim mudik, tutur dia, infrastruktur menuju objek wisata terutama air terjun di wilayah selatan, telah dibangun dan diperbaiki dinas terkait di Pemkab Cianjur, termasuk jalur nasional dan provinsi yang telah dulu diperbaiki, sehingga laik dilalui.

"Kami juga menargetkan angka kunjungan tahun 2023 dapat mencapai 2,5 juta wisatawan luar kota dan seribu wisatawan luar negeri. Berbagai promosi termasuk acara penunjang tercapainya angka kunjungan akan kami lakukan secara langsung atau melalui media sosial," katanya.

Rekomendasi