Temuan Ribuan Petasan Tertimbun di Dalam Tanah Bikin Heboh Warga Cigudeg Bogor

| 13 Apr 2023 22:53
Temuan Ribuan Petasan Tertimbun di Dalam Tanah Bikin Heboh Warga Cigudeg Bogor
Polisi memasang garis polisi di lokasi petasan yang dikubur di dalam tanah (Diman Sutini/Era)

ERA.id - Warga Desa Mekarjara Kecamatam Cigudeg, Kabupaten Bogor, dihebohkan dengan temuan ribuan petasan jenis kembang api yang tertimbun di dalam tanah.

"Saat ditemukan sudah tertimbun dalam tanah. Dan banyak warga yang mengambil kembang api tersebut," ujar Kapolsek Cigudeg Kompol Wagiman kepada wartawan, Kamis 13 April 2023.

Wagiman mengungkapkan, ribuan kembang api tersebut tertimbun di area tambang milik PT Prayoga Pertambangan dan Energi (PPE).

Saat ini, kata dia, banyak warga yang ikut menggali tanah tersebut untuk mendapat kembang api.

"Banyak warga yang sedang berupaya menggali untuk mendapatkan kembang api yang tertimbun. Kami langsung melakukan tindakan dengan memberikan garis police line," ucapnya.

Wagiman pun mengaku jika pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemilik tanah dan tenaga keamanan setempat, terkait asal usul kembang api yang ditimbun di wilayah hukumnya itu.

"Dari keterangan saksi, bahwa penimbunan ini dilakukan sebagai cara memusnahkan kembang api tersebut," jelasnya.

Wagiman pun kemudian melakukan pendalaman dan mendapatkan hasil bahwa rencana pemusnahan kembang api yang akan dilakukan salah satu perusahaan dengan cara ditimbun itu sudah mendapatkan izin dari Mabes Polri karena sudah tidak layak.

"Surat resmi diajukan 13 maret 2023, dan surat ijin pemusnahan dari mabes telah turun resmi, kemudian hari sabtu 8 april 2023 kembang api di bawa dari Jakarta ke lokasi Cigudeg dan pada 9 april 2023 baru dimusnahkan," tandasnya.

Rekomendasi