Kapolda Banten Perintahkan Jajarannya untuk Tembak Bajing Loncat

| 17 Apr 2023 13:18
Kapolda Banten Perintahkan Jajarannya untuk Tembak Bajing Loncat
Ilustrasi pistol (Antara)

ERA.id - Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto menginstruksikan jajarannya untuk tak segan menembak bajing loncat yang kerap meresahkan masyarakat di situasi mudik Lebaran 2023.

Perintah kapolda telah disampaikan ke seluruh jajaran saat pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023.

"Bajing Loncat termasuk street crime ini tidak hanya membahayakan jiwa masyarakat, namun juga jiwa personel yang bertugas di lapangan. Maka untuk menghentikan bahaya yang ditimbulkan itu, diperintahkan jajaran tembak di tempat," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Didik Heriyanto menyampaikan perintah Irjen Rudy, Senin (17/4/2023).

Didik menyebut Rudy meminta jajarannya tidak ragu menggunakan senjata api untuk menghentikan ancaman kejahatan yang dilakukan bajing loncat.

Penggunaan senjata api oleh personel kepolisian dapat direalisasikan untuk melindungi keselamatan orang lain, membela diri, dan mencegah terjadinya kejahatan yang mengancam jiwa orang lain.

Tindakan tegas dan terukur ini juga menjadi preventive-strike personel Polda Banten untuk mencegah timbulnya korban jiwa dan korban luka dari warga akibat pelaku bajing loncat ini.

"Sepanjang kita pedomani Perkap tersebut personel Polda Banten tidak perlu takut selagi dalam rangka melaksanakan tugas, petugas kepolisian juga dilindungi UU yaitu Pasal 50 KUHP," ujar Didik.

Rekomendasi