Lembang Sepi Usai Ditinggal Wisatawan di Penghujung Libur Panjang Usai Lebaran

| 02 May 2023 08:15
Lembang Sepi Usai Ditinggal Wisatawan di Penghujung Libur Panjang Usai Lebaran
Kondisi kawasan wisata Lembang usai liburan panjang (Reza Deny/Era.id)

ERA.id - Di akhir libur panjang gelombang kedua usai cuti bersama lebaran 2023, kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah ditinggal para pelancong.

Imbasnya, kawasan Lembang yang didominasi wisata alam cenderung lebih sepi pada Senin (1/5/2023) yang merupakan penghujung dari libur panjang.

Seperti yang terpantau di objek wisata The Great Asia Afrika dan Farmhouse Lembang. Antrean tidak nampak di pintu masuk seperti yang terlihat saat pada dua hari sebelumnya.

"Puncak kedatangan wisatawan sudah selesai pada hari Minggu kemarin, kalau sekarang mungkin sudah pada pulang," Wasan Gunawan, pengelola objek wiswta The Great Asia Africa.

Menurutnya, sepinya pengunjung diakhir libur panjang sudah lumrah terjadi. Hal itu dikarenakan

para wisatawan dari luar daerah pulang terlebih dahulu dan ingin beristirahat sebelum menjalankan aktivitas atau bekerja seperti biasanya.

"Biasanya saat long weekend di hari akhir liburan, para wisatawan hampir 90 persen sudah pada sampai di rumah masing-masing," ujarnya.

Menurutnya, tingkat kunjungan wisatawan paling tinggi terjadi pada H+1 Lebaran dengan jumlah mencapai 3.500 wisatawan dalam satu hari, sedangkan akhir pekan kemarin jumlahnya menurun menjadi 2.000 hingga 2.500 orang.

"Kalau hari terakhir liburan panjang ini, saya prediksi akan lebih sedikit lagi, paling hanya akan sampai 1.000 sampai 1.500 wisatawan yang datang, jadi menurun," terang Wawan.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Cimahi, Ipda Bayu Subakti mengatakan, volume kendaraan pada hari terakhir libur panjang ini mengalami penurunan 50 persen jika dibandingkan dengan akhir pekan kemarin.

"Alhamdulillah volume kendaraan sudah menurun karena puncaknya (kedatangan wisatawan) terjadi hari Minggu kemarin, jadi pada hari ini hanya didominasi wisatawan domestik saja," kata Bayu.

Berdasarkan hasil pemantauan, kata Bayu, pada hari terakhir libur panjang ini sudah banyak kendaraan wisatawan berplat nomor luar daerah yang keluar dari hotel dan penginapan yang ada di kawasan objek wisata Lembang.

"Siang ini para wisatawan sudah check out dari hotel dan turun dari Lembang lalu pulang ke tempat asalnya masing-masing, tapi arus lalu lintas normal. Namun, kami akan tetap siaga hingga malam hari dan melakukan cara bertindak (cb) secara situasional," ucapnya.

Rekomendasi