Jam Operasional Masjid Zayed Dibatasi Usai Ramadan, Ini Alasannya

| 26 Apr 2023 14:18
Jam Operasional Masjid Zayed Dibatasi Usai Ramadan, Ini Alasannya
Masjid Raya Sheikh Zayed (Amalia P/ ERA)

ERA.id - Jam operasional Masjid Raya Sheikh Zayed tidak lagi penuh selama 24 jam. Setelah lebaran, jam operasional masjid hadiah untuk presiden Joko Widodo kembali seperti semula, yakni 03.30 WIB sampai 21.00 WIB.

Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Munajat mengatakan jam operasional masjid ini memang sejak awal tidak penuh. Sejak dibuka pada bulan Maret lalu oleh Wakil Presiden Maruf Amin, jam operasional Masjid Zayed mulai pukul 03.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

"Hanya saja, ini masih kekurangan personil karena liburnya gantian. Kalau sudah sepi, bisa tutup lebih awal," katanya pada dikutip Rabu (26/4/2023).

Kebijakan bahwa Masjid Zayed tidak dibuka penuh selama 24 jam ini karena terkait perawatan. Pasalnya masjid hibah dari Uni Emirat Arab (EUA) ini masih dalam masa perawatan bangunan oleh kontraktor.

Saat ini jumlah kunjungan harian diperkirakan lebih dari 30 ribu wisatawan sejak hari Minggu (23/4/2023) lalu. Mereka mayoritas datang dari luar kota Solo yang ingin menikmati keindahan masjid.

"Dari kemarin pengunjung datang terus," katanya.

Diprediksi, masjid yang digunakan Salat Ied oleh Presiden Joko Widodo tahun ini, masih akan menarik pengunjung lebih ramai lagi. Tingkat pengunjung yang tinggi ini akan diprediksi hingga akhir pekan.

Untuk keamanan, petugas meningkatkan dengan deteksi keamanan logam untuk memeriksa pengunjung serta barang bawaan. Selain itu larangan bagi jamaah untuk membawa makanan dan minuman. Namun jamaah masih diperbolehkan membawa air mineral.

Larangan lainnya yakni larangan membawa korek api, memakai celana pendek hingga melakukan aktivitas yang merusak taman. Untuk pengamanan ini ada petugas dari Polresta Solo, Satpol PP Kota Solo yang berjaga di luar masjid.

Rekomendasi