Banyak Putra-Putri Luwu Jadi Pejabat di Pemprov Sulsel, Langkah Gubernur Sudirman Dipuji

| 11 Jul 2023 14:23
Banyak Putra-Putri Luwu Jadi Pejabat di Pemprov Sulsel, Langkah Gubernur Sudirman Dipuji
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melantik Andi Ihsan sebagai Kepala Biro Umum.

ERA.id - Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman kembali mengisi jabatan lowong untuk jabatan pratama eselon II lingkup Pemprov Sulsel.

Dalam jabatan tersebut, ada lima kepala biro dua jabatan kepala dinas dan satu jabatan direktur rumah sakit dalam nauangan Pemprov Sulsel.

Yang menarik dalam pelantikan tersebut, orang nomor satu di Sulsel ini kembali melantik atau mengukuhkan putra Luwu Raya sebagai Kepala Biro Umum, yakni Andi Ihsan.

Ihsan berhasil mengalahkan pesaingnya dalam tiga besar dalam seleksi terbuka jabatan pratama yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel belum lama ini.

Atas pelantikan putra Luwu Raya tersebut, guru besar Unhas dari Fakultas Ilmu Budaya Unhas, Prof Muhammad Hasyim memuji langkah Gubernur Sudirman.

“(Pelantikan putra Luwu Raya) ini sebagai simbol pejabat gurbernur (pemimpin) yang demokratis, terbuka, pemimpin perubahan,” ujar Prof Hasyim, Selasa (11/7/2023) di Makassar.

Hal ini dibuktikan bukan kali ini saja Andi Sudirman mengangkat putra Luwu Raya masuk dalam jajaran “kabinet” di Pemprov Sulsel. Sebut saja Kadis Kesehatan Provinsi Sulsel dr Rosmini Pandin, dan sejumlah staf Ahli TGUPP Sulsel.

Pakar ilmu semiotika Unhas ini menyebutkan bahwa ini membuktikan bahwa Andi Sudirman adalah sosok pemimpin yang universal dan bisa mengajak seluruh lapisan masyarakat di Tanah Sulawesi Selatan yang potensial dan kompeten untuk duduk sebagai pejabat teras di Pemprov Sulsel.

Pengamat politik dan pemerintahan Prof Dr Armin Arsyad juga berpendapat bahwa dengan banyaknya figur dari tanah Luwu menandakan bahwa Andi Sudirman adalah pemimpin yang seluruh wilayah di Sulsel.  “Itu baru pemimpin. Mengambil seluruh potensi daerah yang kompeten,” ujar Prof Armin.

Sebelum di Pemprov Sulsel, Kepala Biro Umum Setda Sulsel, Andi Ihsan menjabat sebagai salah seorang ASN di Pemkab Luwu Timur.

Rekomendasi