Gubernur Sulsel Ketemu Khofifah, Ini yang Dibahasnya

| 21 Jul 2023 09:52
Gubernur Sulsel Ketemu Khofifah, Ini yang Dibahasnya
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

ERA.id - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, bertemu untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang demi majunya daerah masing-masing.

Pertemuan kedua gubernur sebagai tindak lanjut Misi Dagang Jatim-Sulsel akhir tahun lalu di Sulsel dengan transaksi ratusan miliar, dimana antar-organisasi perangkat daerah (OPD) juga melakukan perjanjian kerja sama.

"Kunjungan Ibu Gubernur Jatim ke Sulsel kemarin, ada ratusan miliar transaksi bisnis dan sudah ada yang terlaksana," kata Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangan yang diterima di Makassar, Kamis kemarin.

Pertemuan itu membahas terkait UMKM, manajemen pemerintahan, perekonomian, pertanian, termasuk stunting dan penanganan kemiskinan, termasuk untuk program pembibitan dan pembenihan padi.

"Ini kita kerja sama dan Alhamdulillah kita di Sulsel ada Mandiri Benih yang sudah beroperasi dan sukses tahun lalu produksinya meningkat pesat 250.000 ton," sebutnya.

Selanjutnya membahas kerja sama terkait kerajinan dengan melakukan studi tiru terkait pembuatan kerajinan tangan dari kulit berupa tas, sepatu, topi, dompet dan asesoris lainnya.

"Kami punya potensi tetapi kami perlu kerja sama tentang apa yang sudah dimiliki Jawa Timur dan apa yang kami miliki untuk dikembangkan. Kami bawa beberapa pengrajin di sini (Jatim) belajar," ujarnya.

Sedangkan Khofifah Indar Parawansa menyebutkan misi dagang yang dilakukan sebelumnya tidak sekadar pedagang, tetapi juga antara OPD saling melakukan perjanjian kerja sama untuk memberikan nilai tambah produk.

Di antaranya beberapa yang bisa ditindaklanjuti segera karena terdapat Balai Besar Inseminasi Buatan di Jatim, yang dapat meningkatkan jumlah sapi potong dan perah.

"Pada dasarnya banyak hal kerja sama intensif yang kita bangun antarprovinsi, antardaerah," sebutnya.

Rekomendasi