Rayakan Maulid Nabi, Umat Muslim di Bali Gelar Pawai hingga Megibung

| 28 Sep 2023 10:25
Rayakan Maulid Nabi, Umat Muslim di Bali Gelar Pawai hingga Megibung
Pawai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengarak bale suji di Kampung Islam Kepaon, Denpasar, Bali, Kamis (28/9/2023). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

ERA.id - Umat Muslim di Bali khususnya Kampung Islam Kepaon merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan pawai ta’aruf hingga megibung, yaitu tradisi makan bersama yang kental di Pulau Dewata.

Fadani selaku tokoh masyarakat Kampung Islam Kepaon mengatakan, tradisi ini telah berlangsung sejak awal kampung muslim tersebut terbentuk, di mana terjalin hubungan baik dan akulturasi antara Islam dan Hindu.

“Rangkaian acara Maulid Nabi sekarang itu pertama pawai ta’aruf, kemudian khitanan. Itu kan menurut agama budaya tiga bulanannya bayi, pukul 11.00 Wita nanti, namanya ‘menek jan’ atau Indonesianya naik tangga, di sini (Bahasa Bali) istilahnya itu,” kata dia di Denpasar, Kamis (28/9/2023).

“Kemudian setelah Sholat Dzuhur nanti ada megibung atau makan siang bersama, kemudian terakhir pembagian telur,” sambung Fadani.

Umat Muslim di daerah Denpasar Selatan itu memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum untuk mengikuti suri tauladan dari Nabi Muhammad, dan mereka memilih pawai dengan mengarak bale suji sebagai wujudnya.

“Yang diarak itu namanya bale suji, kenapa ada pawai, itu untuk memberitahukan saudara-saudara kami di Hindu bahwa ada peringatan Maulid di kampung,” tuturnya.

Selama pawai ta’ruf, lebih dari lima bale suji yang dibuat masyarakat secara pribadi diikutsertakan. Bale suji sendiri berisi telur yang dibantu gedebong atau batang pisang untuk menancapkannya.

Fadani menuturkan, batang pisang ini melambangkan tanaman tersebut yang dapat tumbuh dimana saja.

“Baik tempat kering atau basah umumnya tumbuh, itu dimaksudkan supaya generasi penduduk Kampung Islam Kepaon kepada siapa pun bergaul secara luwes itu diharapkan,” kata tokoh masyarakat tersebut.

Batang pisang juga dilapisi kelopak dari yang tertua di luar dan termuda di tengah atau dalam, ini melambangkan tugas generasi tua di kampung tersebut yang harus melindungi generasi mudanya.

Pohon pisang juga terkenal tak akan mati sebelum berbuah, sehingga dalam peringatan ini mereka berpesan agar berbuat baik lah kepada kampung sekecil apapun sebelum menutup usia.

Sementara telur sebagai fokus utama pada bale suji dimaknai sebagai simbol kelahiran sesuai hari besar yang diperingati, di mana dalam satu buah bale suji terdiri dari setidaknya 100 butir telur dan dimeriahkan dengan hiasan-hiasan warga.

“Itulah pesan-pesan yang terkandung dalam bale suji yang kami dapatkan turun temurun dari leluhur Kampung Islam,” ujar Fadani.

Dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, umat Muslim Kampung Islam Kepaon turut disambangi oleh putra Ida Cokorda Pemecutan XI atau Raja Pemecutan ke XI Anak Agung Ngurah Agung Damarnegara.

Kehadiran keluarga puri merupakan tradisi yang berlangsung setiap upacara besar, begitu pula sebaliknya apabila Puri Pemecutan memiliki kegiatan keagamaan maka Muslim Kepaon akan dilibatkan.

“Iya ini acaranya merayakan kelahiran Nabi Muhammad, nabi besar kita, jadi kami dari Puri Pemecutan melanjutkan dari hubungan leluhur-lelahur terdahulu,” kata Agung Damar.

Ia berharap Umat Muslim di Bali khususnya Kampung Islam Kepaon mendapat berkah dan ridho dari Tuhan agar ke depannya semakin kuat terutama generasi mudanya.

Rekomendasi