Imbas Kecelakaan di Cicalengka, Tiga KA dari Bandung Akan Terlambat Datang Ke Stasiun Gubeng Surabaya

| 05 Jan 2024 15:52
Imbas Kecelakaan di Cicalengka, Tiga KA dari Bandung Akan Terlambat Datang Ke Stasiun Gubeng Surabaya
Stasiun Surabaya Gubeng (Puan Ramadhan/ ERA)

ERA.id - Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan tiga Kereta Api (KA) keberangkatan dari Bandung tujuan akhir ke Stasiun Surabaya Gubeng mengalami keterlambatan pada sore ini, Jumat (5/1/2024).

Keterlambatan kedatangan KA dari Bandung itu akibat imbas kecelakaan kereta api antara KA Commuterline Bandung Raya dan KA Turangga di KM 181+700 petak jalan Stasiun Haurpugur - Stasiun Cicalengka di wilayah Daop 2 Bandung.

"Kelambatan ini dikarenakan adanya perubahan pola operasi perjalanan KA yang dikarenakan proses evakuasi dan normalisasi jalur yang dilakukan oleh petugas," kata Luqman, melalui keterangan rilisnya, kepada ERA.

Luqman menjelaskan KA jarak jauh tujuan akhir Daop 8 Surabaya, yang mengalami keterlambatan kedatangan KA pada sore hari nanti, yakni KA Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng. Kemudian,  KA Pasundan relasi Kiaracondong - Bandung. Dan KA Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong - Bandung

Keterlambatan ini, Kata Luqman, tiga kereta itu yang seharusnya melalui petak jalan Kroya Banjar Cicalengka dan Bandung, dialihkan melalui petak jalan Kroya menuju Purwokerto Cirebon Cikampek dan Bandung.

"Kelambatan diperkirakan terjadi 1-2 jam dari jadwal yang seharusnya," jelasnya.

Lebih lanjut Luqman menyampaikan tiga kereta yang seharusnya datang sesuai jadwal, KA Argo Wilis seharusnya tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 17.35 WIB. KA Pasundan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 23.54 WIB. Serta KA Pasundan Tambahan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 22.55 wib.

Sisi lain saat ini KAI mendatangkan rangkaian alat berat berupa crane dari Solo dan juga Cirebon serta lokomotif penolong untuk mengevakuasi sarana yang terdampak serta mengerahkan tim prasarana untuk menormalisasi jalur KA.

Sebagai bentuk kompensasi atas keterlambatan kedatangan KA kepada pelanggan, KAI juga memberikan service recovery berupa minuman, makan ringan hingga makanan berat bagi pelanggan KA yang terdampak.

"KAI menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak tersebut. Kami dengan pihak-pihak terkait terus melakukan upaya evakuasi dan normalisasi jalur agar perjalanan kembali lancar," pungkasnya.

Rekomendasi