3 Aksi Kejahatan Anggota KKB Papua Jukius Tabuni

| 05 Mar 2024 07:02
3 Aksi Kejahatan Anggota KKB Papua Jukius Tabuni
Anggota KKB Papua Jukius Tabuni. Foto: dok:istimewa

ERA.id - Satgas Ops Damai Cartenz menangkap satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua, Jukius Tabuni pada Sabtu (2/3) silam. Polisi menyebut Jukius Tabuni merupakan pasukan dari kelompok KKB Tinggineri-Kogibur di bawah pimpinan Goliath Tabuni. 

"Namun saat ini Jukius Tabuni telah bergabung dengan Kelompok KKB wilayah Puncak yang dipimpin oleh Numbuk Telenggen," kata Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno kepada wartawan, Senin (4/3/2024).

Kaops Damai Cartenz 2024, Kombes Faizal Ramadhani menambahkan Jukius terlibat dalam tiga aksi kejahatan di kawasan Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Kejahatan pertama yakni penembakan terhadap Antonius Padang pada 1 September 2023 lalu di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Dari kejadian ini, korban mengalami luka tembak pada bagian lutut kanan.

"Peran yang kedua adalah JT terlibat dalam memantau situasi saat pencurian dan perampasan senjata api organik jenis SS1 milik anggota Pospol KP3 Bandara Ilaga yg terjadi pada tanggal 1 Februari 2024," kata Faizal.

Untuk kejahatan ketiga pelaku yakni Jukius sangat aktif dalam melakukan komunikasi dengan anggota KKB wilayah Puncak lainnya untuk memantau pergerakan anggota TNI-Polri dan menyusun rencana aksi penyerangan.

Saat ini, Jukius ditahan di Posko Ops Damai Cartenz 2024 wilayah Puncak. Pemeriksaan terhadapnya masih terus dilakukan.

Rekomendasi