Gantikan Baskami Ginting, Megawati Tunjuk Sutarto Menjadi Ketua DPRD Sumut

| 09 Mar 2024 16:10
Gantikan Baskami Ginting, Megawati Tunjuk Sutarto Menjadi Ketua DPRD Sumut
Sutarto (dua dari kanan) bersama Baskami Ginting (tengah) dan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Rapidin Simbolon (dua dari kiri). (PDI Perjuangan Sumut)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri sudah menunjuk pengganti Baskami Ginting sebagai Ketua DPRD Sumut periode 2019-2024. Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting yang merupakan kader PDI Perjuangan meninggal dunia pada 7 Februari 2024 lalu.

Sosok pengganti yang ditunjuk Megawati untuk mengisi sisa jabatan Ketua DPRD Sumut periode 2019-2024 tersebut adalah Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut, Sutarto. Kini, pengajuan pergantian antar waktu (PAW) tersebut, sudah disampaikan ke Sekretariat Dewan DPRD Sumut.

Hal ini dibenarkan Sekretaris DPRD Sumut, Zulkifli. Katanya, pihaknya tengah mempersiapkan proses pengajuan pengganti Ketua DPRD Sumut yang disampaikan DPP PDI Perjuangan.

"Iya benar. Pak Tarto (Sutarto gantikan Baskami Ginting). Sudah kami terima namanya dari Ketua Umum PDIP," ungkap Zulkifli, Sabtu (9/3/2024).

Zulkifli menyebutkan, proses pergantian tersebut akan digelar dalam waktu dekat pada sidang paripurna dengan agenda pergantian jabatan Ketua DPRD Sumut.

"Soal waktunya menunggu hasil pembahasan para wakil ketua dan ketua Fraksi PDIP," jelas Zulkifli.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut, Mangapul Purba, membenarkan penunjukan Sutarto oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, untuk melanjutkan tugas dan kewenangan Baskami Ginting sebagai Ketua DPRD Sumut sisa periode 2029-2024.

"Iya benar, Pak Sutarto. Sudah turun namanya dari pusat (DPP PDIP)," jelas Mangapul.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting meninggal dunia usai sempat pingsan di ruang kerjanya. Baskami Ginting meninggal saat menjalani perawatan di rumah sakit Siloam, Kota Medan, Rabu sore, 7 Februari 2024, sekitar pukul 14.33 WIB.

Rekomendasi