Deretan Tokoh yang Dilirik Golkar untuk Maju Pilgub Jateng, Ada Polisi dan Kader Partai Lain

| 19 Apr 2024 11:58
Deretan Tokoh yang Dilirik Golkar untuk Maju Pilgub Jateng, Ada Polisi dan Kader Partai Lain
Ilustrasi simpatisan Golkar (Antara)

ERA.id - DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah menyebutkan beberapa tokoh yang kemungkinan diusung di Pilkada Jawa Tengah.

Meski begitu, deretan nama tersebut belum mengerucut karena secara internal belum kompetitif, sehingga sedang melirik faktor eksternal.

Sekretaris DPD Partai Golkar Jateng, Juliyatmono, mengatakan kader internal belum kompetitif karena yang diberi kesempatan juga terlalu lamban bergerak, sehingga faktor eksternal berperan dengan melirik bakal calon Gubernur Jateng dari partai Golkar.

Dari eksternal, kata Juliyatmono, adalah Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Dia sudah dianggap populer.

"Beliau orang Jawa, bisa bersama siapa-siapa dan dekat dengan rakyat. Saya melihat sejak menjadi Kepala Polresta Surakarta, kemudian menjabat sebagai Wakapolda Jateng dan sekarang Kapolda. Beliau dikenal dekat dengan rakyat," kata Juliyatmono, Jumat (19/4/2024).

Ahmad Luthfi juga dinilai banyak mengenal banyak pihak dan paham teritorial wilayah di Jateng.

Calon lain, ada Ketua DPD Partai Gerindra, Sudaryono. Dia mulai pasang baliho mengenalkan bakal calon Gubernur Jateng. "Saya yakin calon itu sangat dekat dengan Presiden terpilih, Prabowo Subianto," katanya.

Intinya, dia yakin kalau eksternal yang akan menonjol calon Gubernur adalah Ahmad Luthfi. "Kami berharap kalau diperhitungkan kenapa tidak. Dia belum ada partai dan masih aktif sebagai Kapolda Jateng," katanya.

Sementara untuk Calon Gubernur dari internal Partai Golkar, ada beberapa nama yang ditugasi partai, mereka yakni Ketua DPD Golkar Jateng, Panggah Susanto, Sekretaris DPD Golkar Jateng, Juliyatmono, Mantan Bupati Batang atau Ketua Harian DPD Golkar Jateng Wihaji, dan Bupati Kendal Diko.

Namun, pihaknya mengusulkan Ketua DPD Golkar Jateng, Panggah Susanto, layak dipertimbangkan mengisi Kabinet pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Karena Panggah seorang teknokrat dan lama kariernya di Perindustrian hingga Dirjen.

Rekomendasi