PDIP Terima 12 Nama Daftar Pilkada Solo 2024, Termasuk Teguh Prakosa

| 02 May 2024 15:50
PDIP Terima 12 Nama Daftar Pilkada Solo 2024, Termasuk Teguh Prakosa
Bendera PDI Perjuangan (Antara)

ERA.id - DPC PDI Perjuangan Kota Solo, Jawa Tengah telah menerima 12 nama yang mendaftar untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2024.

"Sampai dengan hari ini, kami sudah menerima sebagian formulir dari pendaftar," kata Ketua Tim Penjaringan DPC PDIP Kota Solo Haryoto Paulus, dikutip dari Antara, Kamis (2/5/2024).

Dia mengatakan, rencananya Teguh Prakosa juga akan mendaftar. Diketahui, Teguh saat ini menjabat wakil wali Kota Solo mendampingi Gibran Rakabuming Raka.

"Ada rencana juga yang lisan Pak Teguh Prakosa tanggal 18 Mei. Kemarin ada juga menarik namun baru penjajakan, akan mengambil salah satu warga biasa dari Sleman. Katanya perangkat desa, namun belum tahu mau daftar wali atau wawali, tetapi kami hargai," katanya.

Terkait dengan banyaknya nama yang mendaftar melalui PDIP, dikatakannya, sudah menjadi niat DPC PDIP.

"Sesuai instruksi, kami sudah ada banyak pendaftar. Kami bangga PDIP banyak kader, banyak peminat. Kami percaya dari sekian yang mendaftar pasti kualitasnya bagus-bagus semua," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri menyampaikan sejumlah kualifikasi sikap serta tindakan yang harus diperkuat oleh para kader partai, khususnya yang akan maju di pilkada serentak 2024. Yakni kedisiplinan, kejujuran, dan kemauan untuk bekerja menjadi solusi masalah rakyat.

Pesan itu menjadi inti utama arahan Megawati ketika berbicara di dalam rapat koordinasi partai dengan para kepala-wakil kepala daerah dari PDIP. Rapat itu dilaksanakan secara tertutup bertempat di Gedung Sekolah Partai di Lenteng Agung, Jakarta Pusat, Jumat (26/4).

Megawati memberikan semangat serta motivasi kepada para kader yang duduk sebagai kepala daerah, agar tidak lemah semangat. Di tengah berbagai tekanan serta intimidasi yang terjadi, semangat tidak boleh turun. Sebaliknya, kerja keras harus semakin dilaksanakan.

Dalam konteks itu, menurut Megawati, seluruh kader partai khususnya para kepala daerah memiliki sejumlah syarat kualitas yang harus diperkuat. Pertama adalah kedisiplinan, kedua tidak bohong, dan ketiga yaitu komitmen turun ke bawah.

"Turun ke bawah dan jadilah solusi atas masalah rakyat. Dalami masalah rakyat dan bantu rakyat untuk mencari solusinya. Jadi pesan saya terus dan selalu turun ke bawah kepada rakyat. Rakyat harus kita bantu dan lindungi," pungkas Megawati.

Rekomendasi