Gibran Persilakan Semua Calon Wali Kota Solo Lanjutkan Programnya, Yakin Semua Calon Usung Keberlanjutan

| 20 May 2024 17:44
Gibran Persilakan Semua Calon Wali Kota Solo Lanjutkan Programnya, Yakin Semua Calon Usung Keberlanjutan
Wali Kota Solo yang sekaligus Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, Solo, Senin (20/5/2024). (Era.id/Amalia Putri)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mempersilahkan semua bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo yang akan bertarung pada Pemilihan Kota Solo (Pilkada) 2024 untuk melanjutkan programnya. Termasuk saat dirinya sudah dilantik dan menjabat sebagai wakil presiden, Gibran berjanji akan mengawal program-programnya di Solo.

”Pasti saya kawal. Saya yakin wali kota berikutnya, calon-calon, bakal calon juga akan melanjutkan (program) yang sudah ada,” kata Gibran saat ditemui di Solo, Senin (20/5/2024).

Gibran pun mengakui sudah ada beberapa kandidat calon yang mengusung tema keberlanjutan. Bahkan hampir seluruh kandidat termasuk para kandidat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

”Saya kira semua calon mengusung tema keberlanjutan. Kayak siapa kemarin, Kevin Fabiano, Mas Her Suprabu, Pak Wakil (Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa), ya Mbak Astrid juga,” katanya.

Sebagai informasi, kandidat-kandidat yang disebut oleh Gibran tersebut mayoritas berlatar belakang dari PDIP. Kevin Fabiano merupakan anggota dewan terpilih dari PDIP. Begitu pula Her Suprabu yang merupakan Ketua Bidang Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDIP Kota Solo. Sementara Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa juga menjabat sebagai Sekretaris DPC PDIP Kota Solo.

Di sisi lain, pasca pencalonannya sebagai Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto, hubungan Gibran dengan PDIP menjadi tak harmonis. Namun dirinya mengungkapkan sudah ada pembicaraan dengan Teguh Prakosa sebagai Wakil Wali Kotanya untuk melanjutkan program-program Gibran.

”Ya itu sesuai dengan kesepakatan dengan Pak Wakil juga. Sesuai RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) juga, saya sama Pak Wakil sering bahas juga,” ujarnya.

Gibran pun mengungkapkan bahwa nantinya yang ditargetkan dalam kepemimpinan Solo ke depannya yakni pembangunan non fisik. Pasalnya saat ini pembangunan fisik di Kota Solo semua sudah terjamin dan terbangun.

”Saatnya membangun non fisik. Kebetulan Pak Wakil consern di masalah stunting. Udah, udah, udah sejalan semua. Jadi bukan karena partai atau gimana, tapi semua berkomitmen membangun Solo,” tandasnya.

Rekomendasi