Ratusan Warga di Purwakarta Keracunan Hidangan Hajatan, 27 Dilarikan ke Rumah Sakit

| 06 May 2024 23:00
Ratusan Warga di Purwakarta Keracunan Hidangan Hajatan, 27 Dilarikan ke Rumah Sakit
Ilustrasi IGD RSUD Bayu Asih Purwakarta. (Antara/Ali Khumaini/dok)

ERA.id - Ratusan warga di Purwakarta, Jawa Barat, keracunan setelah menyantap hidangan di acara hajatan pada Minggu (5/5/2024). Puluhan di antaranya harus dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih karena mengalami gejala serius.

Pelaksana Tugas Direktur RSUD Bayu Asih Tri Muhammad Hani mengatakan ada sekitar 27 pasien keracunan yang dibawa ke RSUD Bayu Asih Purwakarta.

Hingga saat ini, kata dia, ada beberapa pasien yang masih menjalani pemeriksaan medis. Selain itu, ada tujuh warga harus menjalani rawat inap dan sisanya menjalani rawat jalan

"Jumlah korban yang dibawa ke RSUD Bayu Asih ada 27 pasien. Sebanyak 21 pasien di antaranya orang dewasa, dan enam pasien lainnya anak-anak," kata dia di Purwakarta, Senin (6/5/2024), dikutip dari Antara.

Menurut dia, seluruh pasien keracunan hampir seluruhnya mengalami gejala serupa, yakni merasa mual, pusing, dan lemas.

"Ada sebagian pasien yang harus menjalani rawat inap karena mengalami sesak napas," katanya.

Hani menyebutkan selain fokus melakukan penanganan para korban, pihaknya juga melakukan pengambilan sampel makanan yang diduga membuat ratusan warga keracunan untuk diperiksa lebih lanjut.

Sebelumnya, sebanyak 121 warga Kampung Sukamulya, Desa Pasir Munjul, Kecamatan Sukatani Purwakarta mengalami keracunan setelah menyantap hidangan di acara hajatan, Minggu (5/5/2024).

Ratusan warga ini awalnya mengalami gejala mual, muntah, pusing, diare, dan sesak napas setelah menyantap hidangan tersebut. Gejala itu dialami saat memasuki waktu Magrib.

Akibat kejadian itu, sejumlah mobil ambulans lalu lalang membawa pasien untuk dibawa ke puskesmas dan klinik terdekat, hingga ada yang langsung dibawa ke RSUD Bayu Asih karena mengalami gejala serius. 

Rekomendasi