Viral Mualaf yang Baru Masuk Islam di Papua Setor Babi ke Masjid untuk Dijadikan Hewan Kurban

| 20 Jun 2024 14:27
Viral Mualaf yang Baru Masuk Islam di Papua Setor Babi ke Masjid untuk Dijadikan Hewan Kurban
Ilustrasi babi. (Antara)

ERA.id - Seorang pengurus masjid di Papua, entah di kota mana, dikirimi babi untuk dijadikan hewan kurban Idul Adha 2024 oleh masyarakat setempat.

Ternyata, si pengirim babi itu merupakan mualaf yang baru masuk Islam, sehingga tak tahu hewan apa yang bisa dikurbankan. "Buat kurban haji ini," kata seorang pria dalam video tersebut.

"Untuk hewan kurban kah," sambung pria lainnya.

"Iya," sahut pria yang mengantar babi itu.

"Alhamdulillah dapat satu ini, dagingnya segar sekali ini," kata pria dalam video tersebut.

"Buat mas kawin boleh nih, masuk ini sudah." ucap pria lain sambil menyalami si pengantar babi.

Sementara si penerima hanya bisa tersenyum. "Pak ustaz yang menjadi guru tugas di Papua mendapat kiriman hewan kurban babi, karena awamnya masyarakat setempat dan mungkin juga pengirimnya baru masuk Islam. Di dalam ketidaktahuan, Ada niat ikhlas yang luar Biasa," tulis narasi dalam video itu.

Setelah viral, netizen pun merespons. "Info yg didapat itu berasal dri seorang mualaf, jdi memang belum tau banyak tentang islam,. Jdi ttp doakan semoga istiqomah dan insyaAllah tetap mendapat pahala karna niat baiknya untuk berqurban," tulis warganet.

"Respect sih, niat dia baik, cuman di luar kendali pak ustadz," timpal yang lain.

"Pak ustad nya ketawa dan kaget pasti, dalem hati juga pasti paham ini bener gak tau hukum kurban ada kategori hewan nya," timpal warganet yang lain.

Adapun hewan ternak yang boleh dikurban yakni domba, kambing, sapi, kerbau. Ibadah ini juga dihukumi sunah muakkad atau sunah yang dikuatkan.

Rekomendasi