Pemkot Semarang Libatkan PKK Dalam Kampanyekan Gerakan Kembali ke Meja Makan

| 29 Jun 2024 08:15
Pemkot Semarang Libatkan PKK Dalam Kampanyekan Gerakan Kembali ke Meja Makan
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu (ERA.id / Dinno)

ERA.id - Gerakan Kembali ke Meja Makan yang digaungkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan diimplementasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). 

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, kampanye gerakan kembali ke meja makan ini banyak memiliki manfaat. 

"Seperti yang disampaikan Kepala BKKBN, gerakan kembali ke meja makan ini untuk membuka komunikasi antara orang tua dan anak-anaknya sekaligus mensosialisasikan sarapan bergizi kepada masyarakat," ujar Mbak Ita, sapaannya seusai kegiatan Gerakan Kembali ke Meja Makan (Sarapan Bergizi Keluarga) dalam peringatan Harganas di Balai Diponegoro, Kota Semarang, Jumat 28 Juni 2024.

Perempuan yang kerap disapa Mbak Ita menyebut, salah satu cara untuk mengimplementasikan kampanye kembali ke meja makan ini adalah dengan melibatkan ibu-ibu PKK. 

Menurutnya, kegiatan PKK Kota Semarang saat ini mulai masif dilakukan, salah satunya dengan menggelar Gebyar 10 Program PKK. Bahkan, setiap minggunya Gebyar PKK ini berjalan di kecamatan-kecamatan. 

"PKK Kota Semarang saat ini sudah mulai melakukan banyak kegiatan, seperti Gebyar 10 Program PKK yang di dalamnya ada lomba masak, menghias dan mengimplementasikan 10 program PKK. Kami akan selipkan juga kampanye gerakan kembali ke meja makan yang digaungkan BKKBN," tambah mbak Ita. 

Eksekusi gerakan ini, diharapkan bisa berlanjut dan konsisten hingga ke lini terbawah tingkat Rukun Tetangga (RT) dan tataran paling bawah. 

"Dari PKK itu, kami akan ajak ibu-ibu untuk memasak, yang otomatis makanan yang disajikan di meja makan akan disantap bersama keluarga," imbuhnya. 

Dirinya menyadari, implementasi gerakan kembali ke meja makan butuh kesadaran masyarakat untuk bergerak. 

"Memang tidak bisa setiap waktu makan bersama. Tetapi bisa quality time, mungkin seminggu dua kali. Seperti saya, suami dan anak saya memiliki profesi berbeda-beda tetapi kami berusaha seminggu sekali dua kali,"

"Bersama ibu-ibu tadi memasak menu resep Ibu Megawati, resep untuk ibu hamil dan anak untuk Baduta Stunting yang meliputi untuk umur 6-8 bulan, 9-11 bulan, 12-24 bulan dan untuk ibu hamil. Tentunya selain bergizi juga harganya murah," ujarnya. 

Seperti diketahui, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengkampanyekan gerakan kembali ke meja makan. 

Kampanye tersebut masuk dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 di Kota Semarang selama sepekan mulai 23-29 Juni 2024. 

Rekomendasi