15 Ribu Orang Bakal Meriahkan Peringatan Harganas ke-31 di Semarang

| 29 Jun 2024 01:05
15 Ribu Orang Bakal Meriahkan Peringatan Harganas ke-31 di Semarang
Dokter Hasto Wardoyo menyampaikan persiapan puncak acara Harganas di Semarang, Jawa Tengah (ERA.id / Dinno)

ERA.id - Puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 bakal digelar di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Sabtu, (28/9/2024). 

Rencananya, acara yang mengusung tema "Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas" itu bakal dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo, beberapa menteri hingga kepala daerah (wali kota / bupati) dari seluruh Indonesia. 

"Untuk RI 1 dan RI 2 sampai saat ini masih dikonfirmasi terus," kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr. Hasto Wardoyo, di Ballroom Merapi, Gedung PRPP Semarang, Jumat (29/6/2024). 

Dalam menyambut kegiatan ini, dokter Hasto mengatakan, persiapan menuju acara puncak sudah dipersiapkan dengan baik dengan berbagai stakeholder yang berpartisipasi. 

"Ya, jadi persiapan saya kira sudah dikerjakan dengan baik insyaAllah oleh Ibu Wali Kota dan Pak Gubernur dan tempatnya, segala macam sudah dikondisikan dan untuk kapasitasnya sekitar 10 ribu sampai 15 ribu orang dan acara ini terbuka untuk umum," tambah dia. 

Jika dibandingkan dengan perayaan Harganas sebelumya, lanjut dokter Hasto, tahun ini semakin banyak stakeholder yang dilibatkan sejak rangkaiannya berlangsung pada 23 Juni 2024. 

Ada pun empat agenda utama yang bakal diusung dalam perayaan puncak Harganas ke-31, di antaranya berupa seremonial mensinergikan gerak dan langkah keluarga Indonesia mencegah stunting, pemberian tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) tahun 2024, Pelayanan KB di booth program hingga kampanye Bangga Kencana dan PPS. 

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bersama stakeholder lainnya sudah menggelar sejumlah kegiatan seperti edukasi pencegahan stunting, wisuda lansia, edukasi gerakan kembali ke meja makan, khitanan masal, donor darah, hingga pelayanan dan edukasi kontrasepsi di PT SAMI, Semarang.

Rekomendasi