Debat Pilkada Sulsel Tak Lagi Digelar di Jakarta dan Makassar

| 09 Jul 2024 10:50
Debat Pilkada Sulsel Tak Lagi Digelar di Jakarta dan Makassar
Ilustrasi surat suara pemilu (Antara)

ERA.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan tak lagi menggelar debat kandidat Pilkada Sulsel di Kota Makassar dan Jakarta, dan kini memilih menyelenggarakannya di kabupaten/kota.

"Ketiga tempat itu yakni Kabupaten Bulukumba, kemudian Kota Palopo, dan Kota Parepare yang merupakan titik tengah di Provinsi Sulawesi Selatan," tutur anggota KPU Provinsi Sulsel Hasruddin Husain di sela Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Cafe Demokrasi di Makassar, Senin kemarin.

Semua didasari dari niatan KPU Sulsel yang kini menyiapkan desain debat kandidat dengan kearifan lokal kedaerahan masing-masing pada 24 kabupaten/kota.

Hasruddin menyebutkan ada 24 kabupaten/kota menggelar pilkada tahun ini dan setelah penetapan, pihaknya harus menggelar debat kandidat di masing-masing daerah.

Mantan Ketua KPU Kota Parepare dua periode ini menyatakan, bahwa apa yang menjadi harapan representasi dari tiga kabupaten/kota itu mampu menjawab informasi yang bisa tersebar di 24 daerah walau dahulunya setiap debat kandidat pilgub selalu dibawa keluar daerah.

Jika desainnya tiga kali, kata dia, berarti ada 72 kali, ditambah dengan provinsi tiga kali menjadi 75 kali debat. Hal ini bertujuan agar mampu menyasar semua isu-isu strategis dalam materi debat nanti.

Sementara ini, pihaknya sedang mempersiapkan untuk memanggil KPU 24 kabupaten/kota. Setelah itu, menggelar focus group discussion (FGD) dengan lembaga penyiaran.

"Paling tidak secara teknis kami sudah ada pola yang dibangun tentang fasilitasi dari kabupaten/kota. Kalau masalah gedung saja, saya yakin pasti ada, tidak mungkin tidak ada," katanya.

Menyinggung soal jadwal debat, dia mengatakan bahwa pelaksanaannya pada masa kampanye, 25 September 2024—23 November 2024. Setelah hari tenang selama 3 hari, dijadwalkan pencoblosan pada tanggal 27 November 2024.

Rekomendasi