Pemprov Sulsel Ngaku Tak Hambat Pembangunan Stadion Sudiang, Singgung Pemkot Makassar

| 12 Jul 2024 11:10
Pemprov Sulsel Ngaku Tak Hambat Pembangunan Stadion Sudiang, Singgung Pemkot Makassar
Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Suherman. (Dok. Humas Pemprov Sulawesi Selatan)

ERA.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengaku telah mempercepat pembangunan Stadion Sudiang. Kepala Dispora Sulsel, Suherman bilang, pihaknya tak pernah menghambat pembangunan proyek tersebut.

"Pemprov tidak pernah menghambat. Malahan kita telah melakukan langkah-langkah percepatan pembangunan Stadion Sudiang. Dokumen apa yang dibutuhkan Kota Makassar untuk percepatan pembangunan stadion, Pemprov siap berikan, tentu dengan melihat dan sesuai dengan aturan yang ditentukan," jelasnya, Kamis kemarin.

Sejumlah langkah-langkah konkrit telah dilakukan Pemprov Sulsel untuk percepatan pembangunan Stadion Sudiang, kata Suherman, mereka sudah menyiapkan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

"Sementara proses dan dipersiapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Sulsel dengan alokasi Rp 1 Miliar," jelasnya.

Pemprov Sulsel juga telah menyurat untuk titik koordinat lokasi pembangunan Stadion Sudiang dengan Otoritas Badara Wilayah V Makassar dan itu terus berkembang. Wajar, sebab lokasi Stadion dekat dari kawasan bandara, sehingga Pemprov Sulsel melibatkan Otoritas Bandara agar stadion tidak mengganggu operasional penerbangan.

"Kita juga sudah berkoordinasi dan Kementerian PUPR telah hadir di Makassar pada Jumat (5/7/2024) lalu, rapat dan melihat langsung lokasi pembangunan Stadion Sudiang, yang juga dihadiri oleh Otoritas Bandara," tuturnya.

Tak sampai di situ, paling penting kata Suherman, koordinasi dengan Pemerintah Pusat pun terus dilakukan Pemprov Sulsel. "Kita terus koordinasi, apalagi Kementerian PUPR akan membangun Stadion Internasional di kawasan Stadion Sudiang, di mana anggaran fisik stadion dan DED dilakukan oleh Kementerian PUPR," ungkapnya.

Suherman melanjutkan, Pemprov Sulsel juga bersurat ke Pemkot Makassar untuk menerbitkan dokumen analisis dampak lalu lintas (andalalin) Stadion Sudiang. Hal senada diungkap Kepala BKAD Sulsel, Salehuddin.

"Tidak ada sekalipun Pemprov menghambat terkait pembangunan stadion. Kalau memang Pemkot sudah siapkan anggarannya, kita langsung tindaklanjuti baik pinjam pakai atau hibah," tegas Saleh.

Rekomendasi