Resmi Mengundurkan Diri, Gibran Banjir Ucapan Terima Kasih dari Warga Solo

| 17 Jul 2024 13:30
Resmi Mengundurkan Diri, Gibran Banjir Ucapan Terima Kasih dari Warga Solo
Gibran berfoto bersama dengan para petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo di halaman DPRD Kota Solo, Rabu (17/7/2024).

ERA.id - Gibran Rakabuming Raka resmi mengundurkan diri dari jabatan wali kota Solo. Dia membacakan surat pengunduran dirinya dalam rapat paripurna di Kantor DPRD Kota Surakarta di Solo, Jawa Tengah, Rabu (17/7/2024).

Pengunduran dirinya sebagai wali kota Solo berkaitan dengan terpilihanya dia sebagai wakil presiden periode 2024-2029.

"Bersama ini saya mengajukan pengunduran diri sebagai Wali Kota Surakarta masa jabatan 2021-2024 dengan ditetapkannya wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2024. Demikian untuk dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya," kata Gibran, dilansir dari Antara.

Dari pantauan ERA.id, kantor DPRD Kota Solo juga dipenuhi ratusan warga dan relawan. Mereka mengucapkan terima kasih atas kepemimpinan Gibran selama 3,5 tahun untuk Kota Solo. 

Para warga ini sudah memadati Kantor DPRD Kota Solo sejak pagi sekitar pukul 08.30 WIB. Mereka membawa berbagai macam spanduk bergambarkan foto Gibran. Dalam ucapannya, spanduk dan poster ini banyak memberikan ucapan terima kasih atas kepemimpinan Gibran selama 3 tahun belakangan. 

Poster yang dibawa dan dibentangkan warga ini memiliki berbagai macam ucapan, seperti halnya 'We Love Gibran', 'Selamat jadi Wakil Presiden Mas Gibran Semoga Amanah', kemudian 'Doa dan Dukungan Kami Menyertaimu', serta 'Jangan Lupakan Solo'. Ada pula warga yang membawa karangan bunga untuk diserahkan ke Gibran. 

Sekitar jam 10.00 WIB, Gibran tiba di Graha Paripurna DPRD Kota Solo. Ia turun dari mobil pribadinya dengan nomor polisi AD 1514 YU. Tak biasanya, Gibran turun dari mobil di depan gerbang DPRD Kota Solo. Ia sudah dihadang warga dan relawan yang menyambutnya untuk memberikan ucapan terima kasih. 

Warga Solo hampiri Gibran Rakabuming Raka yang resmi mengundurkan diri sebagai wali kota
Warga Solo mengerubungi Gibran Rakabuming Raka yang resmi mengundurkan diri sebagai wali kota Solo.

Gibran pun menyalami dan melayani para warga yang ingin berfoto. Secara perlahan dirinya berjalan menuju ke Graha Paripurna sembari melayani para warga. Di teras gedung, para jajaran Forkompimda sudah menyambut Gibran Forkompinda Surakarta untuk bersiap memulai sidang paripurna pengunduran dirinya. Di antaranya Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi, Kajari Surakarta, D.Susanto, Danrem 074 Warastratama, Kolonel Inf Ali Akhwan hingga Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa. 

Sekitar pukul  10.20 WIB, sidang paripurna dimulai dengan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Surakarta, Budi Prasetyo dan jajaran pimpinan DPRD lainnya, yakni Sugeng Riyanto, Ahmad Sapari, dan Taufiqurahman. Dalam sidang ini, hanya 36 anggota dewan yang hadir, sembilan lainnya absen karena berbagai macam hal kepentingan. 

Sebelumnya, di Kantor Balai Kota Solo para ASN juga berkumpul untuk memberikan ucapan perpisahan dan melepas Gibran sebagai Wali Kota Solo. Sejak pagi, mereka sudah berkumpul di halaman Balai Kota dan ingin bertemu Gibran sebelum dirinya berangkat ke DPRD untuk sidang paripurna. 

Dengan sambutan hangat dari ASN ini, Gibran mengucapkan terima kasih karena telah bekerja bersama tiga setengah tahun belakangan. Menurutnya tiga tahun terakhir merupakan pengalaman yang luar biasa. 

”Luar biasa sekali, pelayanan publik semua fast respon. Terima kasih untuk kerja kerasnya. Luar biasa penghargaan yang sudah diterima, karena sudah kerja keras mulai dari WTP, termasuk kesuksesan Solo menyelenggarakan tuan rumah event internasional. Itu semua kerja keras ASN,” katanya.

Rekomendasi